3 Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Pada umumnya orang-orang membersihkan gigi menggunakan sikat dan pasta gigi. Namun tahukah kamu? Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wa salam sunnahkan membersihkan mulut dan gigi menggunakan siwak.

Menurut dr. Zaidul Akbar kayu siwak mengandung bahan-bahan alami yang tidak diberikan pasta gigi mana pun. Kayu siwak mengandung vitamin C, klorida, fluoride serta antibacterial acid yang dapat membersihkan dan memerangi bakteri di rongga mulut.

Masih banyak orang yang belum mengetahui cara menggunakan siwak dan manfaatnya. Cara menggunakan siwak yang baik adalah dengan menggigit ujung kayu siwak hingga serabutnya muncul, setelah itu baru dapat digunakan dengan cara digosok-gosok pada gigi dan gusi dengan pelan-pelan. Setelah digunakan, kamu bisa memotong kayu siwak dan mengulangi cara di atas hingga batang kayu siwak habis dan ganti yang baru.

Di bawah ini 3 manfaat siwak untuk kesehatan mulut dan gigi:

1. Mencegah kerusakan gigi

Kandungan fluoride dapat merawat kekuatan gigi. Siwak juga dipercaya dapat mencegah gigi berlubang. Hal tersebut bisa terjadi karena cara menggunakan siwak yang harus dikunyah terlebih dahulu dapat menghasilkan air liur yang bisa membantu menjaga keseimbangan pH di rongga mulut dan menekan pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

2. Mencegah terbentuknya plak gigi

Plak gigi mudah terbentuk apabila malas sikat gigi, terutama setelah makan. Sisa makanan yang tertinggal dapat menumpuk dan membentuk plak. Kamu bisa menggunakan siwak untuk membersihkan gigi, karena kandungan silika dalam siwak mampu mencegah adanya plak dan noda kuning pada gigi.

Baca: Bahaya Tidur di Waktu Ini, Jangan dibiasakan!

3. Mencegah bau mulut

Kandungan antibacterial dalam siwak bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Batang dan ranting siwak memiliki antibacterial alami yang menekan pertumbuhan kuman penyebab bau mulut. Ada juga produk siwak yang dikombinasikan dengan daun mint sehingga dapat menyegarkan napas.

Nah, itu dia 3 manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut yang belum banyak orang mengerti. Memang umumnya orang menggunakan sikat gigi, tetapi setelah mengetahui manfaat di atas. Tidak ada salahnya mencoba menggunakan siwak, mengikuti apa yang disunnahkan Nabi Muhammad shallahu alaihi wa salam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *