4 Tipe PMS pada Wanita, Apa Saja?

Setiap bulan, wanita normalnya memasuki masa periode atau biasa disebut siklus menstruasi. Sebelum masuk masa menstruasi, wanita akan mengalami PMS atau premenstrual syndrome. Biasanya keadaan ini didapati seminggu sebelum mens. Gejala yang sering dialami umumnya seperti, perut kembung, nyeri pada payudara dan otot, mudah lelah bahkan hingga depresi.

Tahukah kamu? terdapat 4 tipe PMS yang biasa dialami wanita. Memahami tipe-tipe PMS sangat penting, guna dapat memberi penanganan yang sesuai saat terjadi masalah pada menstruasi.

Blood Line | Vampire PMS comic designed and created by Eliza… | Flickr

1. Anxiety

Pada tipe PMS yang satu ini, beberapa perempuan merasa dirinya gugup, murung dan mudah khawatir. Jika sedang mengalami perasaan tersebut terhitung seminggu sebelum masa periode menstruasi maka kamu mengalami PMS tipe ini. Untuk menekan rasa cemas yang melanda itu. Kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat.

Baca juga: 4 Kesalahan Mandi yang Tidak Kamu Sadari

2. Craving

Sebelum masuk masa mesntruasi bawaannya ingin nyemil terus. Nafsu makan bertambah bahkan terkadang tidak bisa dikendalikan, itu merupakan tipe PMS C. Keinginannya beragam, ada yang mengidam makanan pedas, ada yang manis dan makanan asin. Jika tidak bisa mengendalikan bisa-bisa berat badan kamu akan bertambah.

3. Depression

Wanita yang mengalami tipe PMS satu ini perasaan yang sulit terdefinisikan. Ingin menangis secara terus menerus, sulit tidur dan sering kebingungan. Pada saat masa ini seseorang perlu orang lain untuk menemani saat rasa depresi ini muncul. Ditakutkan rasa depresi membuat seseorang memiliki pikiran untuk bunuh diri. Makanan sayur-sayuran sangat cocok untuk dikonsumsi supaya kondisi hatimu lebih stabil.

4. Hyperhydration

PMS tipe H gejalanya sangat terlihat karena berhubungan dengan fisik. Misalnya payudara terasa mengeras bahkan saat disentuh terasa nyeri. Hal tersebut dikarenakan adanya kumpulan air pada jaringan luar sel karena asupan garam dan gula yang tinggi. Pada PMS tipe H ini perut juga mengalami kembung.

Nah itu dia 4 Tipe Jenis PMS yang harus diketahui. Semoga kamu bisa mengatasi gejala PMS yang muncul ya. Jangan lupa untuk menjaga asupan makanan yang baik supaya hatimu lebih baik dan menstruasi menjadi teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *