Bagaimana cara menghindari penyakit tipes/tifus tanya jawab dr. Zaidul Akbar

Jawab:

Tubuh kita kalau terkondisikan baik, maka akan jarang terkena penyakit. Dengan hidup sehat, maka berkurang penyakit-penyakit yang biasa datang ke tubuh kita. Kalau bicara penyakit, jangan spesifik penyakitnya apa yang kita ingin obati, tetapi spesifikkan secara umum kepada seluruh tubuh kita.

Dengan menyehatkan badan, konsepnya adalah makan yang sehat, kemudian tetap mengingat siapa yang menciptakan perut kita. Nanti lama-lama bonusnya yang kita terima akan banyak.

Termasuk nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wasallam  yang setiap bulan melakukan bekam, maka coba untuk kita ikuti. Jika kita mengikuti pola Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam, tentu kita jarang sakit. Berikut tips hidup sehat Rasulullah yang dikemas ala dr. Zaidul Akbar:

Baca juga: Tips Agar Suami Berhenti Merokok

  1. Tidur yang baik

Agar tubuh tetap fit, salah satunya adalah menjaga pola tidur sebagaimana Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam mencontohkan, yakni tidur di awal waktu. Sehingga bermanfaat untuk mengistirahatkan hormon atau enzim di dalam tubuh.

Posisi tidur terbaik ala Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam  yaitu dengan tidur miring ke kanan. Hikmahnya adalah untuk melindungi organ lambung dan paru-paru kiri yang ternyata lebih kecil dari sebelah kanan. Sehingga tidak tertindih atau tertekan. Keduanya dapat berjalan dengan baik saat tidur.

Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam  juga melarang untuk tidur dengan posisi tengkurep. Karena akan dapat menyebabkan sesak napas.

  1. Menghindari makanan yang di goreng

Makanan yang digoreng banyak menimbulkan radikal bebas di dalam tubuh. Di dalamnya banyak mengandung lemak. Karena menggunakan minyak sawit atau minyak trans yang sifatnya keras dan berat untuk diproses oleh jantung dan pembuluh darah. Perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan, dan mengurangi makan-makanan instan yang berdampak buruk bagi tubuh kita.

Baca juga: Tips agar terhindar dari Serangan Jantung dr. Zaidul Akbar

  1. Memperbanyak puasa

Dengan berpuasa, lambung berarti mengalami masa istirahat. Puasa dapat mengendalikan nafsu, termasuk nafsu makan kita. Puasa berarti mengurangi asupan, dalam arti memungkinkan hati menjadi lebih bersih.

Asupan yang bernutrisi memberikan respon positif kepada tubuh kita sehingga dapat sehat dan beribadah dengan baik. perbanyaklah puasa pada hari senin-kamis, dan ayyamul bidh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *