Cara Efektif Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Saat bulan Ramadhan, kamu mungkin mengalami berbagai masalah seperti bibir pecah-pecah dan bau mulut. Masalah bau mulut terkadang menimbulkan rasa risi dan membuat percaya dirimu menurun. Ketika puasa, produksi air liur yang berkurang menjadi alasan utama bau mulut, notabenenya air liur berperan melindungi mulut dari pertumbuhan bakteri. Untuk kembali meningkatkan percaya diri, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir masalah bau mulut.

Di bawah ini cara efektif hilangkan bau mulut saat puasa:

1. Sikat gigi sebelum tidur dan sesudah sahur

Hilangkan bau mulut yaitu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Salah satunya dengan menjaga kebersihan gigi. Minimal dua kali sehari rutin menyikat gigi, sebelum dan sesudah tidur. Lakukan sikat gigi setidaknya selama dua menit. Alternatif lain, kamu bisa gunakan baking soda untuk menghilangkan bau mulut. Baking soda dapat menjaga pH mulut tetap normal sehingga tidak menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

2. Membersihkan lidah

Selain menjaga kebersihan gigi, membersihkan lidah juga penting. Dengan cara menyikatnya dan melakukan flossing untuk menghilangkan plak dan bau mulut. Tidak perlu gunakan pasta gigi untuk bersihkan lidah. Bersihkan dengan sesuatu yang lembut. Lakukan minimal dua kali sehari secara hati-hati agar tidak menimbulkan luka. Berdasarkan penelitian, sisa-sisa kotoran yang menempel di lidah berpotensi lebih tinggi dalam memicu bau mulut.

3. Berkumur dengan mouthwash

Saat ini banyak produk mouthwash dengan beraneka macam rasa. Berkumur dengan mouthwash efektif untuk membersihkan seluruh area mulut, hingga bagian yang tersembunyi. Pilih mouthwash non alkohol agar tidak merusak keseimbangan bakteri alami yang terdapat dalam mulut dan beresiko menyebabkan dehidrasi.

4. Penuhi asupan air saat sahur dan berbuka

Salah satu cara menghilangkan bau mulut adalah dengan perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Tujuannya agar terhindar dari dehidrasi yang bisa menyebabkan bau mulut. Minimal 8 gelas asupan air putih setiap harinya. Asupan yang cukup dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut.

5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Saat berpuasa, kamu wajib memperhatikan asupan makanan. Karena asupan makanan yang kamu konsumsi dapat mempengaruhi aroma nafas. Nafsu makan sering kali tidak terkontrol saat puasa. Sebaiknya penuhi asupan makanan yang bernutrisi. Terutama sayur dan buah-buahan karena dapat membantu menghilangkan bau mulut. Serta dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mulut tetap lembab.

Setelah mengetahui cara efektif hilangkan bau mulut, yang paling penting dari menghilangkan bau mulut adalah tidak malas untuk melakukannya. Tanpa masalah bau mulut, ibadahmu di bulan puasa akan lebih tenang dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *