Cara Membuat Tugas Harian (Agar Hari lebih terjadwal)

Apakah kalian pernah merasakan jika hari demi hari berjalan sepanjang waktu mengalir begitu saja?? Iya saya pernah merasakannya.

Tanpa ada tujuan, tanpa ada target, atau tanpa ada motivasi untuk melakukan suatu hal diluar dari rutinitas setiap harinya.

Hidup ini terasa hampa jika tidak ada yang namanya Target. Sebagai pelajar, saya dulu tidak pernah berpikir untuk menulis jadwal harian. Hingga tiba saatnya disuatu peristiwa yang Alhamdulillah membuat diri ini tersadar akan hal itu.

Semangat dan motivasi tidak hanya didapatkan dari orang yang ada di sekitar kita, namun yang paling penting diri sendiri yang bisa memotivasi agar bisa merealisasikan mimpi.

Konsep impian dan konsep perencanaan diri yang baik itu adalah bisa tercapai. Setelah kegiatan/impian itu tercapai, tulisan yang ada di atas kertas satu persatu mulai tercoret.

Sekarang saya akan berbagi manfaat tentang membuat jadwal kegiatan harian yang berulang setiap harinya. Dan ini tips – tips cara membuat jadwal hariannya.

Cara membuat jadwal harian :

  1. Berdo’a dahulu

Berdo’a merupakan hal terpenting dalam memulai aktivitas, tujuannya agar semua kegiatan yang dilakukan setiap harinya dapat diberkahi dan dimudahi. Sebagaimana hadits Rasulullah “Amal itu tergantung niatnya”. Jadi niatkanlah segala aktivitas dengan baik, agar dapat menggapai target itu.

  1. Buatlah daftar target dipagi / malam hari

Kenapa sih di pagi hari?

Kenapa sih malam hari?

Karena, Pada pagi hari itu otak terasa lebih fresh, belum tercampur dengan segala rutinitas di hari itu.

Sedangkan Pada malam hari itu bisa lebih fokus dan tidak terganggu untuk menulisnya, karena biasanya orang-orang di sekitar kita sudah tidur.

  1. Pikirkan yang bisa membuat skill bertambah bukan kegiatan yang sudah di ingat dan jadi kewajiban

Kegiatan yang sudah diingat dan menjadi kewajiban itu contohnya : Sekolah, kerja, ibadah, dll. Tapi buatlah target yang membuat skill bertambah contohnya : baca buku, menulis artikel, membuat desain, dll

  1. Jangan dipikirin aja, langsung tulis !

Setelah sudah dipikirkan apa target harian yang ingin dicapai, tulislah langsung di atas kertas agar tidak lupa dengan targetnya.

  1. Tempelkan di tembok atau jadikan wallpaper di hp / background laptop

Saat target sudah di list dalam kertas, tempelkan atau jadikan wallpaper itu cara yang baik. Karena tempat – tempat itu yang biasa kita lihat di sepanjang hari, sehingga dapat muncul rasa motivasi dan mengingat target yang harus dicapai.

  1. Yakinkan bahwa bisa berhasil 

Keyakinan dalam hati dan motivasi dari dalam diri merupakan hal utama dalam mencapai target pribadi, selain orang-orang terdekat yang mendukung dalam prosesnya.

Semoga dimudahkan.

Hal diatas berdasarkan pengalaman pribadi dan tambahan beberapa sumber

Referensi : http://www.tipspengembangandiri.com/to-do-list/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *