Cara mengatasi gatal-gatal pada kulit penjelasan dr. Zaidul Akbar

Referensi Doktersehat.com

Gatal-gatal masuk ke dalam kategori penyakit yang sering menyerang manusia. Bahkan seringkali tidak diketahui apa penyebabnya. Namun pada umumnya, gatal-gatal terjadi karena gigitan serangga, alergi ataupun perubahan cuaca.

Penyebab gatal oleh penyakit serius biasanya terjadi karena gangguan fungsi hati. Kadar bilirubin darah yang meningkat, menyebar ke kulit sehingga kulit berwana kuning dan gatal. Rasa gatal tentu sangat menganggu, kulit terasa panas dan ingin menggaruknya. Mudah membuat emosi jika rasa gatal tidak kunjung hilang, tergaruk hingga membuat kulit terluka.

Sebenarnya ada cara untuk mencegah rasa gatal atau menguranginya. Beberapa bahan-bahan alami di lingkungan sekitar kita bisa menjadi obat ampuh untuk mengatasi rasa gatal pada kulit.

Referensi Hellosehat.com

  1. Habbatussauda

Menurut Dr. Zaidul Akbar, Habbatussauda mampu menghilangkan gatal-gatal. Sebuah hadits menjelaskan, Abu Hurairah pernah mendengar Rasulullah Muhammad SAW bersabda: “Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut”. Hadits riwayat Bukhori (10:118-119); Muslim (7:25).

Habbatussauda atau nama lainnya jintan hitam merupakan rempah-rempah yang digunakan sebagai tanaman obat. Rempah berbentuk butiran biji berwarna hitam terkenal mampu mengobati berbagai macam penyakit. Di Indonesia Habbatus Sauda biasanya ditemui dalam bentuk tablet, seperti suplemen.

Baca juga Banjir? Ini yang harus kita lakukan ketika banjir dan antisipasi kesehatan diri

  1. Lidah Buaya

Selain Habbatussauda, lidah buaya juga merupakan tanaman yang ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya gatal-gatal. Lidah buaya dapat menjaga kelembaban kulit dan mampu mengatasi iritasi pada kulit. Saat ini banyak produk lidah buaya dalam bentuk gel, sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan ke kulit. Kulit akan terasa adem dan halus. Namun, ada beberapa jenis kulit tertentu yang tidak cocok dengan lidah buaya.

  1. Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun

Minyak kelapa dapat mengobati gatal-gatal. meregenerasi atau memperbaiki kulit yang terkena iritasi. Minyak kelapa sering digunakan untuk kulit kering, karena dapat melembabkan kulit. Selain minyak kelapa, minyak zaitun mengandung oleochantal yang bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan di kulit, khususnya pada kulit wajah. Menyembuhkan kulit yang kering, gatal, iritasi dan kemerah-merahan.

Baca juga https://maulanahasanah.com/perut-buncit-hilang-dalam-2-minggu/

  1. Cuka Apel

Meski bau pada cuka apel sangat menyengat. Namun, cuka apel dapat mengatasi kulit gatal dan jerawat. Cuka apel laris diburu para wanita untuk menghilangkan jerawat dan gatal pada wajah. Cukup tuang satu sendok teh cuka apel pada kulit gatal.

  1. Kulit Buah

Kulit buah yang dapat mengatasi rasa gatal diantanya adalah kulit semangka. Kulit semangka berfungsi untuk menenangkan iritasi pada kulit dan bisa menyegarkan kulit karena mengandung antiradang. Kulit pisang juga dapat mengatasi kemerahan pada kulit yang gatal dan melembabkan.

Jika rasa gatal tak kunjung reda hingga lebih dari dua minggu. Apalagi sampai mengeluarkan nanah, demam dan tidak diketahui jelas apa penyebabnya. Gejala lain seperti kelelahan berlebihan, penurunan berat badan atau frekuensi kencing yang berlebihan. Sebaiknya hubungi dokter spesialis kulit. Jika tidak dilakukan akan menyebabkan gatal semakin parah hingga menyebabkan tidak bisa tidur dan bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *