Cara Tepat Menangani Demam Pada Anak Di Rumah

Orang tua akan merasa sangat khawatir saat suhu tubuh anak naik atau mengalami demam. Perasaan sedih datang, rasanya lebih baik orang tua saja yang sakit biar orang tua yang menanggungnya. Bergegas pergi ke dokter untuk memeriksakan anak agar mendapat penanganan yang tepat. Reaksi ini alamiah dan normal. Akan tetapi ada hal yang perlu orang tua ketahui tentang fakta demam.

Dilansir dari Mayo Clinic, pada dasarnya demam bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah proses dalam tubuh yang sedang memerangi infeksi. Kondisi dimana suhu tubuh naik menjadi di atas suhu normal pada umumnya, sekitar 37 derajat celcius. Dengan adanya proses tersebut terjadilah peradangan yang menimbulkan demam. Misalnya, demam disertai diare dan muntah menandakan adanya infeksi saluran pencernaan. Umumnya, gejala demam yang terjadi pada anak tidak disertai dengan gejala apapun. Anak hanya akan terlihat lemas, lesu, dan sering menangis karena perasaan tidak nyaman.

Oleh karena itu, sebenarnya orang tua jangan panik dahulu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani demam pada anak tanpa perlu ke dokter antara lain.

  • Menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk, usahakan ada sirkulasi udara. Buka jendela supaya udara bisa masuk.
  • Pakaikanlah pada anak baju dengan bahan katun, yang tipis dan nyaman. Hindari menggunakan pakaian dengan bahan tebal yang dapat membuat suhu panas sulit keluar.
  • Minum air putih yang banyak, selain itu bisa juga diberi susu, minuman elektrolit atau sari buah.
  • Usahakan untuk membuat anak tetap beraktivitas di rumah agar tidak bermain, sehingga suhu tubuh tidak terus meningkat.
  • Jika memang harus memberikan obat, pastikan dosisnya sudah sesuai.
  • Menggunakan metode kompres dahi. Para orang tua sering melakukan kompres dingin. Padahal menurut dokter kompres hangat lebih manjur dan dapat berangsur menurunkan demam.
  • Membalur tubuh dengan minyak kayu putih dan memberi pijatan supaya anak tidak rewel dan merasa nyaman.
  • Supaya si kecil berhenti bermain, usahakan orang tua untuk mengajaknya beristirahat sehingga panas tubuhnya cepat turun.

Nah, itu dia sederet cara yang tepat untuk menangani anak demam di rumah. Apabila segala cara telah dilakukan dan tidak membuahkan hasil. Maka anak perlu di bawa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *