Lebih mengenal apa itu polip pada rahim

Polip rahim atau juga disebut polip uterus merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena pertumbuhan nonkanker atau jaringan yang tidak normal  yang melekat pada dinding dalam rahim (uterus). Umumnya ditemukan pada perempuan yang sedang menjalani atau telah menopause. Ukuran polip bervariasi. Polip rahim bisa dibilang kanker jinak, namun di beberapa kasus bisa berubah menjadi kanker ganas.

Polip rahim kemungkinan terjadi karena pembentukan bisa terkait dengan:

  1. Peningkatan jumlah estrogen, yang merupakan hormon seks wanita
  2. Peradangan kronis pada serviks, vagina, dan rahim
  3. Pembuluh darah tersumbat

Gejala polip rahim ditandai dengan jadwal menstruasi yang tidak teratur, pendarahan di vagina atau pendarahan pasca menopause. Penyakit ini memerlukan diagnosis medis. Jika dokter mencurigai adanya polip rahim, maka dokter akan melakukan beberapa langkah untuk membuktikan adanya polip rahim dengan:

  1. Ultrasonografi Transvaginal, dokter akan menempatkan alat ramping seperti tongkat di miss V yang akan memancarkan gelombang suara dan menciptakan gambar rahim serta bagian dalamnya.
  2. Histeroskop, sama seperti ultrasonografi transvaginal. Dokter akan memasukkan teleskop yang tipis, fleksibel, dan terang melalui miss V dan serviks ke dalam rahim.
  3. Biopsi Endometrium, dokter akan menggunakan kateter isap di dalam rahim untuk mengumpulkan spesimen untuk pengujian laboratorium.

Obat sakit polip rahim ala dr. Zaidul Akbar adalah dengan membuat ramuan yang terbuat dari kunyit, sereh, dan jeruk nipis. Karena ramuan tersebut mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas berbahaya dalam tubuh dan mengeluarkan seluruhnya.

Ramuan sederahana ala dr. Zaidul Akbar:

  1. Kupas kunyit kemudian potong-potong kecil tipis
  2. Masukkan air panas dan beri sereh. Tunggu sampai dingin
  3. Setelah agak dingin, masukkan jeruk nipis dan madu

Selain itu terdapat ramuan untuk detox rahim agar tetap bersih dan sehat. Cocok bagi perempuan yang memiliki polip rahim untuk terapi.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan, antara lain:

  1. 5 biji kapulaga
  2. 1 cengkeh
  3. 2 sdt ketumbar
  4. 5 cm kayu manis
  5. 1 sdm madu (opsional)
  6. 1 ruas jahe
  7. 250 ml air

Adapun cara membuatnya, antara lain:

  1. Rebus air dengan jahe yang sudah digeprek, kemudian tuang pada gelas
  2. Tambahkan bahan-bahan di atas kecuali madu, tunggu agak dingin
  3. Campurkan madu

Olahraga teratur juga menjadi keharusan untuk menjaga pola hidup sehat. Tubuh yang bugar dapat menghindari berbagai penyakit. Bersamaan dengan pola makan yang baik dapat mengontrol efek polip rahim. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *