Pentingnya Puasa Sebelum Operasi

Sebagian orang ada yang bertanya, kenapa saat puasa harus operasi dulu? Nanti kalau lemas bagaimana? terus operasi jadi gagal bagaimana? Ada kekhawatiran yang terpendam dalam diri. Sebab bukan hanya mental saja yang harus disiapkan, setidaknya orang-orang yang akan melakukan operasi ingin tubuhnya juga siap.

Umumnya, sebelum menjalani operasi dokter akan memberikan imbauan untuk tidak makan dan minum sebelum hari operasi. Apa Alasannya?

Dilansir dari Halodoc, pentingnya puasa sebelum operasi ternyata dapat mencegah aspirasi paru-paru yang terjadi ketika isi lambung memasuki paru-paru dan mencegah mual. Karena dapat berpotensi menghambat aliran udara dan menempatkan pasien pada risiko infeksi serius seperti pneumonia.

Cairan-cairan atau minuman dapat menyebabkan mual sehingga dianjurkan untuk menghindari jenis minuman tertentu sebelum operasi, seperti susu, teh atau kopi susu. Hindari konsumsi alkohol. Akan tetapi berbeda jika dengan cairan bening atau air putih.

Lagi pula puasa sebelum operasi bukanlah puasa ektrem dengan durasi panjang dan tidak boleh memakan apapun. Dilansir dari UCLA HEALTH, terdapat panduan umum puasa sebelum melakukan operasi berdasarkan usia antara lain:

  • Remaja dan orang dewasa berusia 12 tahun ke atas bisa mengonsumsi makanan padat dan produk susu hingga 8 jam sebelum operasi, serta minum air putih hingga 2 jam sebelum kedatangan jadwal operasi. Begitu juga dengan anak-anak usia 3-12 tahun.
  • Balita 6 bulan sampai 3 tahun dapat mengonsumsi makanan padat hingga 8 jam, minum susu hingga 6 jam, dan minum cairan bening hingga 2 jam sebelum operasi.
  • Bayi di bawah 6 bulan dapat diberikan ASI hingga 4 jam sebelum operasi. Setelahnya hanya cairan bening hingga 2 jam sebelum operasi.

Itu dia alasan pentingnya puasa beserta panduan umum puasa sebelum operasi. Akan tetapi durasi puasa setiap orang berbeda-berbeda tergantung keadaan yang dialami pasien dan jenis operasi yang akan dilakukan. Ada baiknya untuk bersikap terbuka agar bisa disesuaikan oleh dokter. Ceritakan apa saja obat-obatan yang tengah dikonsumsi. Begitupun dengan penderita diabetes yang mengharuskan untuk tetap makan dan minum secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *