Berapa lama penyimpanan daging yang baik di kulkas? (sapi, ayam, ikan)

Siapa yang sering kelimpungan saat punya stok daging yang banyak? Apalagi pada masa idul adha, tiba-tiba satu kulkas isinya berubah jadi daging semua. Rasanya bosan jika setiap hari harus mengonsumsi makanan olahan berbahan dasar daging tersebut. tentu juga tidak baik untuk kesehatan. Nah, biasanya jika tidak ingin diolah secara langsung, daging akan dimasukkan ke dalam kulkas atau freezer dengan harapan supaya bisa lebih dapat bertahan lama. Tapi kira-kira berapa lama penyimpanan daging yang baik di kulkas baik sapi, ayam, maupun ikan?

Baca juga : Ini Lima Makanan Kaya Anti Oksidan

Cek kondisi kulkas!

Terlebih dahulu yang paling penting dalam menyimpan daging adalah mengecek kondisi kulkas.  Untuk menyimpan daging, usahakan suhu freezer atau kulkas yang paling dingin supaya daging dapat bertahan lama. Karena jika tidak demikian, makanan akan lebih cepat rusak dan membusuk serta nantinya bisa mengundang banyak bakteri yang akan mengkontaminasi daging tersebut. Freezer digunakan hanya untuk menyimpan daging, jangan dicampur-campur dengan makanan lain supaya tetap mendapatkan kualitas daging yang baik.

Berapa lamanya, tergantung jenis daging

Sebelum mengetahui berapa lama penyimpanan daging yang baik di kulkas baik sapi, ayam, maupun ikan. Tanda-tanda daging yang tidak layak dikonsumsi bukan hanya dirasakan dari baunya saja, melainkan juga adanya perubahan tekstur dan warna. Lama waktu untuk menyimpan setiap daging juga berbeda-beda, ini aturan umumnya.

  • Daging merah

Daging merah yang mentah dapat disimpan sampai 3 hingga 4 hari. Bila dimasukkan ke dalam freezer, dapat bertahan hingga 4 sampai 12 bulan. Untuk daging merah yang matang bisa disimpan selama 3-4 hari di kulkas biasa dan selama diletakkan di freezer dapat bertahan selama 2-6 bulan. Itupun tergantung jenis daging, apabila saat dikeluarkan daging telah berubah warna menjadi cokelat, tandanya daging tersebut sudah tidak layak konsumsi.

  • Daging ayam

Daging ayam hanya dapat bertahan satu hingga dua hari jika diletakkan di dalam kulkas biasa. Sedangkan dalam freezer mampu bertahan hingga satu tahun lamanya. Sementara itu, daging ayam yang telah dimasak memiliki aturan sebagaimana menyimpan daging merah.

  • Daging laut dan daging olahan

Makanan laut yang belum diolah dapat awet hingga 1-2 hari dalam kulkas, sedangkan dalam freezer bisa sampai 6 bulan. Sementara daging olahan akan tetap bertahan apabila segel tidak rusak sekitar 2 minggu atau berdasarkan aturan kadaluarsa yang tertera dalam kemasan makanan. Untuk kemudahan, tempelkan label tanggal supaya dapat mengetahui kapan waktu membuka tersebut, sehingga kamu tahu kapan juga harus  mengeluarkannya. Karena jika segel telah dibuka, maka daging hanya dapat bertahan selama 5 hari hingga satu minggu saja.

Baca juga : Menjaga kesehatan mata agar tidak minus atau slinder – dr. Zaidul Akbar

Nah, itu dia berapa lama penyimpanan daging yang baik di kulkas. Perhatikan juga hal-hal lain seperti potong daging terlebih dahulu sebelum di masukkan ke dalam kulkas. Letakkan terlebih dahulu ke dalam kotak makanan atau bungkus plastik sebelum dimasukkan ke dalam kulkas dan ingat, untuk mengecek tanggal kadaluarsa. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *