Manfaat Konsumsi Ikan Gabus Setelah Menjalani Operasi

Sehabis operasi rasanya ingin cepat-cepat sembuh bukan? Lukanya juga jangan berlama-lama karena rasa nyeri dan sakit yang tidak bisa digambarkan. Namun ada cara yang efektif yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan pasca operasi, yaitu dengan rutin mengonsumsi ikan gabus yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka.

Ikan gabus tuh yang mana si? Ikan gabus benyuknya hampir mirip dengan ikan lele dan hidup di air tawar. Kalau dilihat, bentuk kepala ikan gabus adalah besar namun agak gepeng menyerupai ular. Tubuhnya memanjang seperti torpedo, dan memiliki sirip ekor bulat di ujung serta sirip punggung yang memanjang.

Baca juga : Gejala-gelaja kista pada rahim, penting bagi perempuan

Kenapa harus ikan gabus?

Ikan gabus memiliki albumin yang paling besar di antara ikan-ikan yang lainnya karena mencapai 30%. Albumin sendiri adalah protein terbesar dalam plasma darah yang kadarnya mencapai 60% dalam tubuh manusia. Nah, pada pasien pasca operasi tentu akan mengalami pengurangan darah, selain itu kadar albumin dalam tubuh juga akan menurun. Maka dari itu dengan mengonsumsi ikan gabus, seseorang dapat mencukupi kebutuhan albumin yang hilang. Manfaat konsumsi ikan gabus setelah menjalani operasi yang mempercepat penyembuhan luka, karena mampu membentuk jaringan baru dan menangkal radikal bebas.

Setiap 100 gr ikan gabus terdapat kandungan protein 16,2 gr , energi 80 Kkal, karbohidrat 2,6 gr, lemak 0,8 gr serta kalsium  Ikan gabus memiliki testur yang lembut sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Pencernaan yang lancar dapat mengembalikan metabolisme dalam tubuh yang hilang, sehingga mempercepat penyembuhan dan tubuh menjadi tampak lebih prima.

Baca juga : Obat Alami Atasi Nyeri dan Memperlancar Menstruasi

Ikan gabus dapat dimasak dengan digoreng atau dibuat sup. Nutrisi dari ikan gabus dijamin akan terserap sempurna dalam tubuh. Apalagi jika sup tersebut ditambahkan dengan rempah jahe, serta bawang putih yang khasiatnya juga dapat membantu proses penyembuhan luka. Kamu bisa mencari berbagai contoh resep olahan ikan gabus di berbagai laman internet seperti sup ikan gabus atau gabus pucung makanan khas Betawi. Namun bagi kamu yang benar-benar tidak menyukai ikan gabus, rasanya tidak perlu khawatir. Karena saat ini telah banyak beredar produk kapsul ikan gabus yang dijual di apotek-apotek terdekat.

Mengingat banyaknya kandungan ikan gabus yang baik untuk tubuh serta rendah lemak, tak heran jika ikan gabus menjadi alternatif yang efektif . Selamat mencoba, dan rasakan manfaat konsumsi ikan gabus setelah menjalani operasi.

Bagi kalian yang tidak mau repot mencari ikan gabus disekitar tempat tinggal kalian, bisa nih beli secara online. Ada toko ikan gabus yang saya referensiin, pelayanan oke dan ikannya segar-segar banget langsung klik gambar dibawah ini aja ya..

https://www.tokopedia.com/boss-ikan-segar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *