Cara Mengetahui Umur Telur Apakah Masih Bagus Untuk Dikonsumsi Atau Tidak ?

https://lifestyle.okezone.com/

Telur menjadi makanan pilihan sejuta umat, mulai dari anak kos sampai anak konglomerat. Hingga sering lupa kapan beli telur, ternyata masih banyak di kulkas. Tapi bingung mau masak takut udah enggak segar. Pernah menemukan sewaktu telur di goreng jadinya meledak kemana-mana? atau kamu pernah menemukan tekstur telur cair dan bau? Pecinta telur pasti menginginkan telur yang segar bukan? lalu, bagaimana cara mengetahui umur telur apakah masih bagus untuk dikonsumsi atau tidak.

Semakin lama telur disimpan, uap air pada telur akan keluar. Biasanya telur yang masih baru akan memunculkan gelembung yang lebih kecil, sedangkan telur lama memiliki gelembung yang besar. Hal ini dikarenakan banyaknya uap air dalam telur yang keluar digantikan dengan udara yang masuk mengisi di antara cangkang dan kulit ari.

Baca juga : Ini Lima Makanan Kaya Anti Oksidan

Cara paling mudah mengetes telur adalah dengan menggunakan air, nah untuk mengetahui lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

  1. Telur lama akan mengambang di permukaan

Telur yang telah berumur dua minggu lebih menunjukkan bahwa ia sudah tidak segar. Biasanya dibuktikan dengan telur yang telah mengambang di permukaan air. Sedangkan telur yang masih baru akan tenggelam ke dasar. Apalagi jika sewaktu diperiksa, kuning telur tidak lagi padat. Maka langsung saja disingkirkan, karena telur menunjukkan sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

  1. Telur segar terasa masih berat

Semakin lama disimpan udara akan mudah masuk ke dalam por-pori cangkang telur. Selain masih tenggelam saat dicelupkan ke air, telur segar  terasa masih berat. Sedangkan untuk telur yang sudah lama, akan semakin ringan. Apabila di dekatkan pada daun telinga lalu saat digoyangkan terdapat bunyi kecipak cairan, itu menandakan bahwa telur tidak lagi padat. Sudah jelas jika dibuka telur itu akan bau dan mencair.

  1. Telur berdasarkan umurnya

Telur yang berumur satu minggu, jika ditenggelamkan akan masih berada di dasar. Hanya saja ada bagian ujungnya yang mengangkat karena udara perlahan mulai mengisi di dalam cangkang.

Telur yang berumur dua minggu, jika ditenggelamkan bagian telur yang runcing akan mengarah ke bawah. Sehingga tampak lurus dengan wadah, posisinya akan berubah naik mengambang di tengah air.

Sedangkan telur yang sudah tersimpan selama 3 minggu akan mengambang di permukaan air.  Kondisi ini menandakan bahwa telur sudah membusuk, dan tidak layak konsumsi.

Baca juga : 5 Cara Usir Lemak Jahat Gorengan, Biar Lebih Sehat!

Nah, itu dia cara mengetahui umur telur apakah masih bagus untuk dikonsumsi atau tidak. Ciri-ciri telur segar tentu akan mudah kamu kenali yaitu kuning telur masih padat dan bulat sempurna tepat ditengah, tidak ada bercak darah atau benda asing di dalamnya, serta kulit ari yang masih menempel sempurna pada cangkang telur. Cukup mudah bukan untuk mengetahuinya, hal ini juga harus diperhatikan apalagi bagi yang gemar mengonsumsi telur mentah, jadi harus pintar-pintar memilih telur ya. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *