Isolasi Diri Bagi Penderita COVID-19

Isolasi menjadi upaya bersama untuk mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas. Sama seperti karantina, bedanya isolasi untuk yang sakit adalah mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi perpindahan orang (mencegah perpindahan dari orang yang sakit).

Pemerintah daerah maupun pusat juga telah menyiapkan ruang isolasi khusus bagi pasien terjangkit virus corona.

Pemerintah mengubah fungsi Wisma Atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta sebagai tempat isolasi pasien positif COVID-19.

Baca juga: Tips Meningkatkan produktivitas Saat Work From Home

Dari berbagai sumber, pemerintah kabupaten Jember telah menyiapkan Gedung Jember Sport Garden (JSG) sebagai tempat isolasi ODP virus corona.

Sementara di Semarang, Wali Kota Hendra Prihardi juga mengubah rumah dinasnya untuk dijadikan tempat isolasi. Hal tersebut bertujuan untuk memutus mata rantai penularan yang lebih cepat.

Di Pondok Gede, Asrama Haji juga digunakan menjadi tempat isolasi pasien positif corona. Upaya yang dilakukan agar bisa membantu penanganan penanggulangan COVID-19 dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

BNPB dan Kemenkes juga akan menyiapkan pengadaan untuk bahan Rapid Test dan akan didistribusikan ke rumah sakit daerah yang banyak terjangkit virus corona.

Ahmad Yurianto selaku juru bicara pemerintah terkait COVID-19 juga menghimbau kepada masyarakat yang memiliki gejala ringan agar mengisolasi diri di rumah.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat mengisolasi diri di rumah untuk mencegah penularan virus, seperti:

  1. Persiapkan mental

Mental menjadi pertimbangan, isolasi memang sedikit memunculkan stress. Maka dari itu pastikan untuk menyediakan sesuatu yang menghibur, seperti permain atau film yang akan ditonton.

  1. Memakai masker saat sakit

Wajib bagi orang yang sakit untuk memakai masker agar tidak berpotensi menyebarkan virus terhadap orang lain.

  1. Persiapkan bahan makanan

Persiapkan bahan makanan selama 2 minggu ke depan untuk bekal di rumah. Untuk mencegah stress, kopi, teh, dan cokelat bisa menjadi alternatif meski tidak efektif.

  1. Persiapkan kelengkapan lain

Kebutuhan seperti, alat mandi, tisu, hand sanitizer, serta P3K. Jangan lupakan suplemen atau vitamin agar nutrisi tubuh terpenuhi.

Nah, itu dia hal-hal yang harus dipersiapkan selama melakukan isolasi diri. Masyarakat diminta untuk tidak panik namun juga harus tetap waspada terhadap penyebaran COVID-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *