Tips Meningkatkan produktivitas Saat Work From Home

Pemerintah Indonesia telah menerapkan peraturan untuk bekerja di rumah atau Work From Home (WFH). #dirumahaja akhirnya bermunculan di dunia maya. Bukan hanya pekerjaan, sekolah pun terpaksa diliburkan demi menghindari pandemi COVID-19.

Work From Home disambut senang oleh sebagian orang, karena mereka akan punya waktu banyak untuk berkumpul bersama keluarga. Namun sebagian orang juga menganggap hal tersebut akan membosankan karena terus menerus berada di rumah. Anda perlu melakukan beberapa hal sebelum melakukan pekerjaan di rumah. Hal tersebut tentu akan membuat anda menjadi produktif dan tidak bingung alias keteteran.

Baca juga: Tips agar terhindar dari Serangan Jantung dr. Zaidul Akbar

Berikut di bawah ini tips meningkatkan produktivitas saat Work From Home:

  1. Tentukan jadwal bekerja

Work From Home bukan berarti berleha-leha dan mengesampingkan pekerjaan. Untuk mengantisipasi terbuangnya banyak waktu, anda harus menetukan jadwal bekerja. Caranya dengan mulai menerapkan jam kerja sama seperti saat di kantor. Hindari bekerja di tempat tidur. Sebaiknya taatilah jadwal yang telah anda buat.

  1. Istirahat setiap 2 jam

Lakukan istirahat setelah 2 jam bekerja selama 10-15 menit untuk melakukan streaching break atau peregangan serta menghirup udara segar. Jangan lupa untuk tetap jaga pola makan yang baik.

  1. Pilih lokasi yang nyaman

Pilih lokasi yang nyaman untuk bekerja. Tidak lupa untuk mengkomunikasikan kepada keluarga, karena tidak semua orang paham konsep bekerja dari rumah. Sehingga kegiatanmu tidak merasa terganggu. Bila diperlukan, matikan sejumlah notofikasi agar anda bisa tetap fokus.

Baca juga: Waspadai virus corona, penyakit yang bisa menular melalui manusia

  1. Komunikasi dengan rekan kerja

Bekerja dari rumah mengharuskan anda menghubungi rekan kerja, agar komunikasi tetap berjalan untuk memberikan perkembangan tentang proyek yang sedang dikerjakan. Aktifkan notifikasi email, aplikasi obrolan, dan dering ponsel agar komunikasi berjalan lancar.

  1. Ingat tujuan bekerja

Dengan mengingat mengapa tujuan anda bekerja, tentu akan menambah semangat dan bisa bekerja dengan ikhlas. Jangan lupa untuk buat target, karena tanpa target yang jelas, kerja tidak akan maksimal.

Demikian tips untuk meningkatkan produktifitas saat Work From Home. Ciptakan kenyaman pekerjaan dari rumah sehingga anda bisa produktif, tetap semangat dan Jangan lupa berdo’a untuk kebaikan perusahaan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *