Makanan yang bisa menjaga kekebalan tubuh anak

Setiap orang harus bisa menjaga kekebalan tubuhnya, agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi masa-masa pandemi dimana penularan virus bergerak dengan cepat. Selain menjaga kebersihan, menjaga kekebalan tubuh amatlah penting. Sistem kekebalan yang kuat dapat memberikan pertahanan alami yang kuat, terutama pada anak-anak yang masih gemar beraktivitas di luar ruangan. Salah satu cara menjaga kekebalan tubuh anak adalah dengan menjaga pola makannya. Sebagai orang tua, bisa memberikan makanan berupa sayuran dan buah meski tak jarang banyak yang menolak. Akan tetapi kandungan vitamin, mineral, karbohidrat dan antiokasidan mampu memenuhi nutrisi anak. Selain itu, ada beberapa makanan yang bisa menjaga kekebalan tubuh anak. Apa saja?

  • Telur

Salah satu makanan yang banyak disukai anak-anak adalah telur. Ini baik untuk membentuk sistem imunitas dalam tubuhnya. Terdapat kandungan protein dan vitamin yang mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Antioksidan pada telur juga mampu menangkal radikal bebas.

  • Bayam

Masih ingat kartun Popeye dan Olive? Kartun ini identik dengan sayur bayam. Apabila Popeye memakan bayam maka ia berubah menjadi kuat dan mampu melawan Brootos yang badannya jauh lebih besar. Bayam memang banyak mengandung vitamin C, anti oksidan serta beta karoten yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sama seperti yang digambarkan pada kartun Popeye, tubuh anak akan jauh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

  • Yogurt

Meski sering disebut dengan susu basi, karena yogurt merupakan hasil fermentasi. Tetapi jangan salah, yogurt justru memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Yogurt juga sering dijadikan makanan untuk program diet karena baik untuk pencernaan. Begitu juga dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan  probiotiknya dapat membantu menghancurkan bakteri jahat pada tubuh anak sehingga menjadi lebih kuat.

  • Jahe

Perubahan cuaca yang tidak menentu sering membuat seseorang mengalami panas dalam, radang tenggorokan dan juga flu. Selain dapat menghangat tubuh anak, jahe dapat membantu mengurangi inflamasi atau peradangan, sehingga ketika sakit anak lebih mudah cepat sembuh.

  • Ikan

Makanan lain yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh ada ikan. Kandungan omega 3 di dalamnya dapat membantu perkembangan otak dan memperkuat sistem imun seperti ikan salmon. Kalau tidak dapat makan ikan Salmon, bisa juga ikan jenis air tawar yang populer seperti lele, nila atau mujair yang sama-sama dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Sistem imun menjadi salah satu aset berharga yang dimiliki tubuh supaya tetap sehat dan bugar. Terutama pada anak-anak yang membutuhkan energi banyak pada siang hari. Selain mengupayakan dengan menjaga kebersihan, di tengah perubahan cuaca dan pandemi sejumlah makanan di atas bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.  Jadi menu apa saja yang dimasak setiap harinya?

  1. https://www.msn.com/id-id/berita/teknologidansains/windows-11-mampu-jalani-aplikasi-android/ar-AALKFIa?ocid=wispr (jam 11)
  2. https://www.msn.com/id-id/berita/teknologidansains/durasi-google-meet-kini-dibatasi-hanya-60-menit/ar-AAM94zq?li=AAfui9h&ocid=wispr (JAM 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *