Atasi Sakit Pilek Anak Dengan Cara Rumahan Ini

Cuaca sering berubah-ubah menyebabkan tubuh harus selalu bisa beradaptasi di berbagai kondisi. Tak jarang, batuk dan pilek menyerang. Apalagi pada anak-anak yang daya tahan tubuhnya belum terbentuk secara sempurna. Ibu harus siap sedia untuk menjaga kondisi anak agar tetap fit. Pilek dan batuk dapat membuat anak menjadi lemas dan gelisah serta kesulitan bernapas karena hidung yang tersumbat. Penyebabnya adalah virus, alergi atau kondisi udara yang buruk. Akan tetapi, jangan buru-buru untuk diberikan obat ya bu. Dikit-dikit jangan minum obat, sebab beberapa obat mengandung banyak bahan kimia yang bisa memiliki efek samping.

Berikut di bawah ini cara rumahan yang efektif untuk mengatasi masalah pilek pada anak:

Ibu tidak perlu terburu-buru membawa anak ke dokter saat hidungnya tersumbat. Cukup lakukan hal-hal di bawah ini di rumah supaya anak kembali sehat dan bisa bermain.

  • Mandi dengan air hangat

Mandi menggunakan air hangat dapat memberikan kenyamanan pada anak. Tubuh jadi jauh lebih rileks. Uap yang terhirup dari air panas juga mampu menenangkan hidungnya yang tersumbat.

  • Alat hisap cairan hidung

Tak perlu khawatir saat hidung tersumbat, kini telah ada alat hisap cairan hidung yang dijual di apotek. Alat hisap mampu membantu anak-anak mengeluarkan lendir penyebab pilek. Ibu hanya perlu menyiapkan wadah, tisu, atau sapu tangan untuk membuang sisa ingus. Dengan alat hisap lendir dapat dibersihkan dengan mudah.

  • Menggunakan humidifer

Humidifer merupakan pelembap udara, dan berguna untuk menangani kondisi udara yang buruk. pengatur udara yang tepat dapat membantu mengatasi sakit pilek pada anak. Hidung yang tersumbat dan rasa pengap dapat diatasi sehingga dapat bernapas lebih mudah. Jangan lupa untuk rutin membersihkan humidifer agar jamur tidak tumbuh dan memperburuk kondisi udara serta usahakan untuk sering membersihkan rumah dari debu.

  • Pijat

selain mandi dengan air hangat, memberi pijatan pada anak juga dapat membuat tubuhnya lebih rileks. Berikan pijatan secara lembut pada area hidung untuk dapat meluruhkan lendirnya. Pijat area hidung, aliss, tulang pipi dan garis rambut, supaya pilek anak menjadi sembuh.

  • Kapas basah

Gunakan kapas basah untuk membersihkan area lingkarang lubang hidung. Biasanya lendir yang mengering akan mengerak dan sakit bisa dibersihkan. Caranya basahi kapas dengan air hangat dan usap-usapkan dengan lembut di area hidung.

Nah, sederet cara rumahan di atas sangatlah alami dan aman. Selain cara di atas, ibu juga harus membuat anak tetap terhidrasi dengan memberikannya air putih. Ibu juga bisa memberikan madu untuk meredakan pilek anak dan jelaskan pada anak untuk perbanyak istirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *