Makanan yang bisa menaikkan tensi darah

Kamu penderita darah rendah? Seseorang yang menderita tekanan darah rendah tidak boleh menganggap sepele hal ini. di beberapa kejadian, penderita darah rendah dapat mudah mengalami pingsan terutama saat tiba-tiba berdiri dari posisi jongkok atau saat bangun tidur. Jika dibiarkan, tubuh penderita tekanan darah rendah akan kekurangan suplai oksigen dan zat nutrisi yang diedarkan ke seluruh tubuh baik otak dan organ vital lainnya, sehingga berbahaya dan dapat mengancam jiwa.

Seseorang dapat dikatakan menderita tekanan darah rendah saat tensi menunjukkan angka di bawah 90/60 mmHg. Seseorang akan mengalami gejala pusing, mual, lemas, hingga pingsan. Maka dari itu, perlunya cara untuk bisa meningkatkan tekanan darah salah satunya dengan menjaga pola makan. Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk bisa menaikkan tensi darah. Apa saja?

Berikut di Bawah Ini Makanan yang Bisa Menaikkan Tensi Darah

  • Makanan dengan kandungan Vitamin B12

Penderita tekanan darah rendah sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B12 diantaranya telur, sarden, susu dan daging. Bisa jadi penyebab rendahnya darahmu karena kurang mengonsumsi makanan ber Vitamin B12.

  • Makanan dengan kafein

Kafein dapat meningkatkan detak jantung dan darah, itu mengapa orang-orang membutuhkan kopi saat mereka begadang. Hal ini supaya stamina mereka kembali dan menghilangkan kantuk. Akan tetapi, untuk penderita anemia tidak diperbolehkan mengonsumsi kopi pada saat malam hari sebab dapat membuat susah tidur atau insomnia.

  • Makanan mengandung tinggi folat

Konsumsi buah, sayuran serta kacang-kacangan dapat menaikkan tekanan darah sebab terdapat kandungan tinggi folat di dalamnya. Cobalah mengonsumsi brokoli, bayam, pepaya, alpukat dan pisang).

  • Makan mengandung air

Cukupi kebutuhan air sehari-hari, karena anemia bisa disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Kamu juga bisa mengonsumsi cairan isotonik untuk penuhi kebutuhan cairan harian, selain itu disarankan banyak mengonsumsi buah dengan kandungan air seperti semangka dan jeruk.

  • Makanan mengandung garam (asin)

Selain menambah cita rasa masakan, garam juga dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan garam (asin) misalnya ikan kalengan, ikan asin dan hidangan dengan tambahan garam.

Nah itu dia makanan-makanan yang bisa membuat tekanan darah naik bagi para penderita anemia. Batasi penggunaan alkohol, supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan sehingga tekanan darah menjadi rendah. Cobalah untuk rutin memeriksa tekanan darah, ketahui penyebabnya dan segera beri penanganan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *