4 Hal Boros yang Harus Dihentikan, Agar Lebih Hemat

Ada saja kebiasaan yang secara tidak sadar sulit dihentikan. Seperti halnya kebiasaan boros yang sering dilakukan, membeli barang yang tidak penting, pergi ke tempat-tempat dengan budget fantastis. Padahal jika kamu bisa menyesihkan uang itu, kamu bisa gunakan untuk investasi sebagai passive income kamu.

Di bawah ini 4 Hal Boros yang Harus Dihentikan, Agar Lebih Hemat. Yuk intip apa aja sih!

1. Makan di luar

Kebiasaan makan di luar sepanjang waktu dapat membuat pengeluaran membengkak. Sekali makan kamu bisa menghabiskan setidaknya Rp. 100 ribu. Bagaimana kalau setiap hari makan di luar? Kamu bisa menghabiskan uang sebesar 3 juta rupiah selama sebulan hanya untuk makan.

Akan lebih baik jika kamu mengurangi kegiatan makan di luar dengan memasak di rumah. Hal itu tentu bisa lebih menghemat pengeluaran. Kecuali memang ada event- tertentu, acara keluarga, atau acara kantor.

2. Minum kopi di luar

Saat ini banyak sekali varian kopi dengan berbagai macam rasa yang menarik minat pecinta kopi. Disuguhkan bersama tempat dengan desain unik atau instagramble memang cocok untuk agenda kumpul-kumpul. Tentu kamu nggak bisa dong kalau setiap hari harus minum kopi di luar. Akan lebih baik jika kamu menyediakan kopi di rumah atau di kantor supaya lebih hemat.

3. Barang sale (diskon)

Khususnya untuk kaum hawa, siapa sih yang enggak tergiur dengan barang sale (diskon)? Sering kali kamu pasti tergoda untuk membeli. Imbasnya kamu jadi membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan atau kualitasnya rendah. Akan lebih baik jika kamu menghemat pengeluaran dengan tidak membeli barang sale, kamu bisa membeli barang yang harganya sedikit lebih mahal namun kualitas bagus dan tahan lama.

4. Impulse buying

Mulai mengubah kegiatan pembelian yang tiba-tiba. Awalnya tidak ingin membeli apa-apa, namun sampai di tempat atau di mall, lihat barang-barang lucu. Kamu jadi boros ingin membeli barang ini dan itu. Kebiasaan ini harus diubah, karena bisa membuat pengeluaran membengkak. Akan lebih baik jika kamu memikirkan apa yang sebenarnya kamu butuhkan, bukan kamu inginkan.

Nah, itu dia 4 hal boros yang harus dihentikan, agar lebih hemat. Kamu bisa memanfaatkan uang untuk keperluan lain yang lebih penting bahkan seharusnya bisa kamu tabung untuk kebutuhan yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *