4 Kesalahan Mandi yang Sering Tidak Kamu Sadari

Sebenarnya mandi itu merupakan pilihan bukan paksaan. Namun mandi yang kita lakukan bermanfaat agar tubuh tetap bersih, sehingga baik bagi tubuh agar terhindar dari kuman-kuman yang didapat karena aktivitas sehari-hari.

Sebagian orang memiliki rasa malas untuk mandi. Alasannya beragam, sebab tidak ada yang menyuruh mandi, tidak pergi kemana-mana, hemat air, hingga faktor cuaca yang dingin. Padahal mandi juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Namun yang perlu kamu tahu, terdapat kesalahan saat mandi yang tidak kamu sadari, berikut penjelasannya.

Gambar gratis: kayu, Meja, spons busa mandi

1. Mandi air panas

Mandi air panas sangat cocok di tengah udara yang dingin. Tidak senikmat rasanya, mandi air panas justru dapat membuat kulit kering dan peradangan pada kulit. Sehingga menyebabkan timbulnya gatal, ruam, hingga iritasi. Jadi sebisa mungkin untuk mengatur suhu agar tidak terlalu panas.

2. Mandi terlalu lama

Untuk seseorang yang betah mandi lama-lama. Hal ini ternyata memicu kulit kering dan keriput. Mandi terlalu lama dapat menurunkan kelembapan kulit. Sebaiknya mandilah selama 5-10 menit saja.

Namun jangan juga terlalu cepat, bisa jadi tubuhmu belum sepenuhnya bersih dan masih meninggalkan banyak bakteri. Terutama setelah beraktivitas di luar ruangan seharian penuh.

Baca juga: Ini Lima Makanan Kaya Anti oksidan

3. Keramas setiap hari

Keramas merupakan hal penting supaya rambut tetap bersih. Namun keramas setiap hari dapat menyebabkan produksi minyak di kepala menurun, sehingga menyebabkan rambut kering. Sebaiknya keramaslah 2 hari sekali.

4. Jarang ganti handuk dan spons mandi

Banyak orang tidak memperhatikan hal yang satu ini. Untuk menjaga tubuh tetap bersih dari kuman. Perhatikan handuk dan spons mandi yang dipakai, sudah lama atau belum. Gantilah jika sudah kotor, sebab jika dibiarkan dapat menjadi sarang kuman yang akan menempel di tubuh meskipun sudah mandi.

Nah itu dia 4 kesalahan mandi yang tidak kamu sadari. Meskipun mandi merupakan kegiatan yang mudah, namun kamu juga harus memperhatikan hal-hal seperti di atas. Saat cuaca dingin, sebaiknya gunakan air hangat dan lakukan mandi sehari dua kali untuk menjaga kebersihan tubuh. Jadi, apakah kamu pernah melalukan salah satu kesalahan mandi seperti di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *