Ini Lima Makanan Kaya Anti Oksidan

Kesehatan tubuh sudah sepatutnya dijaga apalagi di tengah pandemi yang belum berakhir. Anti oksidan menjadi salah satu senyawa kimia yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena dapat membantu menangkal radikal bebas atau racun yang menjadi penyebab munculnya berbagai macam penyakit.

Anti oksidan merupakan bagian perlindungan alami tubuh untuk melawan stres oksidatif dan bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain alami dari dalam tubuh, anti oksidan juga bisa didapatkan dari makanan yang kamu konsumsi. Berikut di bawah ini lima makanan mengandung anti oksidan tinggi yang bagus untuk dikonsumsi.

Sayur Sayuran Warna-Warni - Foto gratis di Pixabay

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau banyak mengandung anti oksidan, seperti bayam maupun kacang-kacangan. Untuk sebagian orang yang tidak suka mengonsumsi sayuran, kamu bisa mengolahnya dengan berbagai cara. Misalnya dengan ditambahkan roti lapis seperti sandwich, atau dimasukkan sebagai campuran membuat salad atau smoothie.

Masala Bahan Rempah - Foto gratis di Pixabay

2. Rempah-rempah

Rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan selain menambah cita rasa masakan ternyata kaya akan anti oksidan. Misalnya kunyit, jahe, atau daun serai. Tak ayal rempah-rempah juga sering digunakan sebagai campuran menjadi cara alami untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Berkas:Jambu Batu.jpg - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

3. Jambu biji

Jambu biji dikenal masyarakat sebagai buah penangkal demam berdarah, yang ternyata menjadi makanan sumber alami anti oksidan. Buah ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi mencapai 377 miligram, selain itu jambu biji juga mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan.

Baca juga: Mudah dan Murah! Ini Cara Alami Obati Sakit Gigi

Gambar gratis: Sarapan, Piala, minuman, makanan, gelas, teh ...

4. Kopi dan teh

Untuk pecinta kopi dan teh, keduanya ternyata juga kaya akan anti oksidan. Namun tak semua orang cocok dengan kopi. Sebagian akan merasakan jantung berdebar atau cemas setelah meminumnya. Sehingga dalam hal ini kopi hanya menjadi alternatif.

Selain kopi, ada banyak variasi teh yang terkenal kaya anti oksidan, seperti teh hijau, teh putih, teh hitam maupun teh oolong.

Gambar : menanam, buah, makanan, menghasilkan, coklat, camilan ...

5. Kacang

Kacang menjadi salah satu camilan yang sehat sebab mengandung anti oksidan yang tinggi, dan sering kali dijadikan campuran untuk meal hingga roti bakar.

Nah itu dia lima makanan kaya akan anti oksidan yang dibutuhkan tubuh. Tetap jaga kesehatan. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *