5 Cara Membersihkan Telinga yang Baik

Sebagian orang pernah bertanya bagaimana cara membersihkan telinga? Membersihkan telinga memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Apakah harus dibersihkan dengan cotton bud atau dibiarkan begitu saja.

Tahukah kamu? ternyata telinga memiliki mekanisme pembersihan sendiri. Kotoran telinga akan otomatis keluar karena pergerakan rahang manusia. Tapi bukan berarti kamu tidak membersihkan telinga. Hanya saja membersihkan telinga tidak boleh sembarangan dan harus hati-hati agar tidak melukai bagian dalam telinga. Tentunya hal ini harus kamu ketahui.

Di bawah ini cara membersihkan telinga yang baik

1. Tidak menggunakan cotton bud

Hampir semua orang membersihkan telinga menggunakan cotton bud. Padahal kotoran telingamu justru akan semakin masuk ke dalam sebab dorongan dari cotton bud tadi. Bahkan bisa menyebabkan luka di telinga jika mendorong cotton bud terlalu dalam.

2. Tidak menggunakan ear candle

Cara membersihkan telinga menggunakan ear candle memang sempat menjadi tren. Namun sebenarnya cara itu tidak efektif. Ear candle bisa menyebabkan cedera pada telinga karena efek panas dan saluran telinga bisa saja tersumbat.

Baca: Bahaya Tidur di Waktu Ini, Jangan Dibiasakan!

3. Gunakan obat tetes telinga

Obat tetes telinga yang dijual bebas di apotek dapat melunakkan gumpalan kotoran sehingga lebih mudah dikeluarkan. Kamu juga bisa menggunakan minyak baby oil sebagai alternatif membersihkan telinga.

4. Gunakan air hangat

Setelah dua sampai tiga hari menggunakan obat tetes telinga atau pelunak kotoran telinga. Teteskan air hangat ke dalam saluran telinga dan miringkan kepala untuk mengeluarkan kotoran. Kemudian keringkan saluran telinga dengan kain lap atau handuk dengan hati-hati. Namun kelemahan menggunakan metode ini, kotoran yang sudah dilunakkan bisa saja masuk lebih dalam ke saluran telinga.

5. Pergi ke dokter

Jika metode sebelumnya dirasa kotoran tidak berkurang, pergi ke dokter THT menjadi saran yang tepat. Dokter akan mengeluarkan kotoran telingan dengan alat penyedot khusus atau irigasi telinga. Sehingga kotoran di telingamu berkurang.

Nah, itu dia cara membersihkan telinga yang baik dan benar. tetap hati-hati ya dalam membersihkan telinga. Jangan sampai membuat telingamu infeksi. Alih-alih menginginkan telinga yang bersih kamu justru melukainya jika sembarangan membersihkan telinga. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *