Bahaya Tidur di Waktu Ini, Jangan Dibiasakan!

Tidur menjadi salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah. Tubuh disarankan untuk beristirahat selama kurang lebih 8 jam setiap harinya di waktu tertentu. Namun ternyata ada beberapa waktu tidur yang tidak diperbolehkan untuk tidur, sebab dapat menimbulkan bahaya yang mengancam kesehatan.

Salah satunya adalah tidur setelah azan subuh. Hal ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Padahal seharusnya pada waktu ini, disarankan agar tubuh digunakan untuk beraktivitas.

Berikut di bawah ini penjelasan mengenai bahaya tidur di waktu tertentu:

1. Meningkatkan risiko masalah kesehatan jantung

Secara umum, organ jantung pada tubuh akan bekerja secara maksimal pada waktu subuh hingga menjelang siang (salat duha).

Sehingga bahaya tidur di waktu menjelang pagi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan jantung, seperti serangan jantung, pembengkakan jantung, dan sebagainya.

2. Risiko terkena stroke meningkat

Meningkatnya risiko stroke dapat terjadi jika kamu membiasakan tidur di waktu pagi. Aliran darah dalam tubuh akan tersumbat, sehingga tidak dapat bekerja dengan maksimal. Stroke dapat terjadi pada semua golongan usia.

3. Mengurangi rezeki

Menurut dr. Zaidul Akbar, tidur di pagi hari dapat mengurangi rezeki. Sebab pada waktu itu, malaikat sedang berdoa kepada Allah Subhanahu Wa ta’ala agar dilimpahkan berkah bagi manusia yang bersedekah di pagi hari.

Baca: Bahaya Tidur di Waktu Ini, Jangan Dibiasakan!

4. Melewatkan manfaat udara yang bersih

Udara bersih di pagi hari memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh untuk memperkuat sistem imun agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Pada waktu menjelang matahari terbit adalah waktu terbaik untuk menghirup udara yang bersih sebanyak-banyaknya dan dapat menjernihkan pikiran sebelum memulai aktivitas lainnya.

5. Fungsi otak akan melemah

Tidur setelah subuh dapat melemahkan fungsi otak sehingga membuat produktivitas kerja menjadi kacau. Dikutip dari Liputan6, sebuah studi mengatakan bahwa wanita usia lanjut yang tidur terlalu lama di pagi hari cenderung memiliki gangguan fungsi otak dalam jangka waktu 6 tahun.

Sebaiknya hindari tidur di waktu yang terlarang, jika melihat bahaya yang disebutkan di atas. Pagi hari senantiasa dijadikan waktu untuk memanjatkan doa kepada Allah subhanahu wa ta’ala, supaya menjadi insan yang lebih baik lagi, mendapat rezeki yang berkah serta memiliki tubuh yang sehat. Solusi untuk menghilangkan rasa kantuk pada pagi hari, kamu bisa mengatasinya dengan membaca al Quran, zikir pagi, salat duha atau membersihkan rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *