Cara Alami Bersihkan Usus Besar, Mudah dan Praktis

Para pakar kesehatan sepakat, bukan hanya ginjal, hati serta jantung saja yang dijaga kesehatannya. Ada beberapa bagian tubuh terabaikan dan penting yang juga harus dijaga kesehatannya seperti kolon atau usus besar.

Dianggap penting sebab sebagai tempat membantu tubuh menyerap nutrisi ketika makanan bergerak melalui usus kecil, sehingga membantu dalam mencerna makanan. Usus besar juga menyeimbangkan pH dan elektrolit tubuh.

Di bawah ini resep alami untuk membersihkan kolon atau usus besar menurut dr. Zaidul Akbar:

  1. Siapkan setengah buah pepaya matang
  2. Siapkan 1 buah jeruk nipis atau jeruk lemon
  3. Gula aren secukupnya atau madu

Campurkan perasan jeruk nipis dengan setengah buah pepaya matang, setelah rata tuangkan gula aren serbuk atau madu ke dalam campuran sebelumnya. Namun bagi yang memiliki gangguan lambung, kurangi jeruk nipisnya diganti dengan air jahe secukupnya dan beri sedikit garam Himalaya.

Baca: Resep Hidup Sehat dari dr. Zaidul Akbar

Air lemon atau air jeruk nipis kaya akan vitamin C yang dapat mempercepat metabolisme dan membantu detox tubuh. Lemon mengandung asam sitrat yang membantu dalam masalah pencernaan. Selain itu, penting untuk menjaga kesehatan usus dengan cara alami lainnya yang mudah dan praktis, seperti:

  • Rajin minum air putih

Konsumsi air putih terutama dalam keadaan hangat 6 hingga 8 gelas sehari dapat membantu membersihkan kotoran yang ada pada kolon atau usus besar dan membantu melancarkan pencernaan.

Apalagi jika ditambahkan garam sehingga menjadi air asin, itu sangat bermanfaat bagi orang yang menderita sembelit dan masalah usus. Sebaiknya diminum sebelum sarapan atau saat perut kosong di pagi hari. Caranya dengan mencampurkan air putih dengan 2 sendok teh garam laut atau garam Himalaya.

  • Konsumsi teh hijau

Teh hijau juga dapat membantu membersihkan usus sebab mengandung katekin yang menunjukkan sifat antioksidan. Selain itu juga dapat meningkatkan fungsi otak, mengurangi risiko kanker dan membantu penurunan berat badan.

Manfaat membersihkan colon atau usus besar dapat membantu mengobati masalah pencernaan seperti susah buang air besar dan sembelit. Selain itu dapat meningkatkan energi, meningkatkan fungsi hati dan sebagainya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *