5 Cara Usir Lemak Jahat Gorengan, Biar Lebih Sehat!

Gorengan menjadi jenis makanan yang disukai banyak orang. Namun banyak pertimbangan untuk konsumsi makanan ini, karena dampak buruk yang terkandung di dalamnya. Gorengan dinilai menjadi pemicu sejumlah masalah kesehatan. Tapi sebagian orang tutup kuping mengingat rasa enaknya jenis makanan satu ini.

Tidak menutup kemungkinan terdapat cara untuk menepis dampak buruk dari makan gorengan. Jenis makanan ini bisa dibuat lebih sehat sehingga baik untuk dikonsumsi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari proses menggoreng dengan banyak minyak. Gorengan yang terendam dan menyerap banyak minyak berpotensi membuat tinggi lemak dan membahayakan kesehatan.

Di bawah ini beberapa cara untuk membuat gorengan menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi:

1. Menggunakan minyak zaitun

Menggoreng minyak zaitun dapat membuat gorengan menjadi lebih sehat. Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang cukup menyehatkan ketika digunakan untuk menggoreng. Jenis minyak yang cocok adalah virgin atau extra virgin karena lebih sedikit zat kimia dalam estraknya.

2. Minyak baru

Letak dampak buruk berasal dari minyak yang digunakan untuk menggoreng. Sering kali kita menemukan gorengan, digoreng menggunakan minyak yang telah dipakai berkali-kali. Minyak bekas sebenarnya mengandung akrilamida yang dapat memicu kanker dan membuat nilai nutrisi berkurang. Maka dari itu, sebaiknya gunakan minyak baru supaya nutrisinya tetap terjaga.

3. Gunakan adonan yang tepat

Adonan menentukan bagaimana rasa gorengan. Kamu bisa membuat gorengan lebih sehat dengan memilih tepung bebas gluten. Contohnya tepung jagung atau tepung beras. Karena tepung biasa cenderung menyerap minyak pada makanan.

4. Gunakan baking soda

Baking soda biasa digunakan dalam adonan kue. Cara ini ternyata juga bisa ditambahkan ke dalam adonan makanan gorengan. Karena dapat menurunkan penyerapan minyak pada makanan.

5. Mempertahankan suhu minyak

Jika minyak terlalu panas, tentu bisa membuat makanan jadi gosong. Makanan gosong tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Maka dengan mempertahankan suhu minyak menjadi cara tepat supaya membuat gorengan menjadi lebih sehat. Jangan lupa untuk tiriskan gorengan sebelum disajikan.

Setelah mengetahui beberapa cara membuat gorengan menjadi lebih sehat, sekarang sudah tidak perlu takut lagi mengonsumsi aneka gorengan. Asalkan mengolah dengan baik dan tepat, kamu bisa usir lemak jahat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *