Bahaya, Kebiasaan Membunyikan Jari Ternyata Memiliki Dampak Negatif

Tanpa disadari kita sering membunyikan bagian sendi pada tulang jika merasa pegal. Seperti leher, jari, dan punggung. Memang enak sih setelah melakukan hal tersebut, apalagi kalau sudah bunyi “krek…”

Sebagian orang menganggap suara itu berasal dari gerakan sambungan sendi, ada juga yang mengaitkan dengan gelembung nitrogen yang pecah dalam cairan sendi.

Namun tahukah kamu? Ternyata kebiasaan itu justru memiliki dampak negatif bagi tubuh. Mulai sekarang kamu harus mengurangi sedikit demi sedikit ya.

Dalam dunia medis, membunyikan bagian sendi pada tulang sebenarnya tidak dibenarkan. Dilansir dari Insan Medika hal tersebut dapat menimbulkan penyakit sendi yang kronis di kemudian hari.

Di bawah ini bahaya membunyikan persendian:

  1. Arthritis

Arthritis yang sering dikenal dengan radang sendi. Kebiasaan membunyikan jari sangat berisiko bagi orang yang sudah lanjut usia. Meski peluang terbuktinya kecil, namun sebaiknya tetap waspada.

  1. Kerapuhan tulang rawan

Bila kebiasaan membunyikan jari tidak dikurangi, maka dapat menyebabkan kerapuhan pada tulang rawan. Hal ini dikarenakan ruas jari yang dibunyikan mampu memicu cairan sinoval keluar dan berubah menjadi udara dan tulang sekitar pun menjadi rapuh.

  1. Cedera akut

Kebiasaan membunyikan jari bisa menyebabkan cedera akut, kalau kita terus memaksakan sampai terdengar bunyi pada sendi.

  1. Keausan sendi

Dampak berbahaya lainnya adalah, persendian akan mengalami keausan. Kebiasaan itu bisa menyebabkan osteoarthritis, dimana kondisi radang sendi jari tangan kronis.

  1. Pembengkakan tangan

Penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Rheumatic Diseases menghubungkan membunyikan jari dapat mengarah kepada gangguan fungsional tangan, seperti pembengkakan. Mungkin tidak semua orang akan mengalami risiko ini, namun sebaiknya tetap waspada.

Namun berdasarkan penelitian, meski pembuktian hubungan membunyikan jari dengan arthritis belum ada, tetapi kebiasaan itu dinilai tidak bagus karena berkaitan dengan kerusakan pada ligamen dan jaringan lunak.

Nah, itulah beberapa dampak bahaya yang terjadi bila kamu gemar membunyikan bagian sendi pada tulang secara terus-menerus. Meski sepele namun harus tetap diperhatikan ya. Kira-kira berapa kali kamu membunyikan jari dalam sehari?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *