5 Makanan yang Bisa Menguras Energi Saat Puasa

Ada sebagian orang yang memanfaatkan waktu sahur untuk makan sebanyak-banyaknya. Ya, memang sahur dengan konsumsi makanan yang tepat dapat membuat kita tetap bertenaga saat puasa. Maka dari itu, perlunya memperhatikan asupan makanan. Tidak boleh sembarangan dan hanya mangandalkan perut kenyang. Tidak semua makanan mengandung energi, baik untuk tubuh. Tahukah kamu? Beberapa makanan justru bisa menguras energimu.

Apa saja makanan yang bisa menguras energimu ketika dikonsumsi saat sahur?

1. Gorengan

Gorengan mengandung lemak yang tinggi. Jika kamu berfikir ini bisa menjadi cadangan yang baik. Justru sebaliknya, tubuhmu akan mudah mengantuk. Lemak yang tinggi juga sulit dicerna oleh tubuh, sebab membutuhkan lebih banyak gula darah dan energi untuk mencerna.

2. Daging

Sama hal nya dengan gorengan, daging memiliki banyak nutrisi dan lemak yang tinggi. Sebaiknya kurangi asupan daging, kamu bisa gunakan daging tanpa lemak seperti daging salmon. Jika ingin makan daging, ada baiknya konsumsi daging saat berbuka puasa.

3. Kopi

Jika kamu pecinta kopi. Perlu diketahui, kafein dalam kopi adalah stimulan. Banyak orang mengandalkan kopi supaya terjaga sepanjang hari. Namun jika kafein telah hilang, kamu akan mulai merasa lemas.

Kopi menjadi minuman yang harus dihindari saat sahur, karena energimu hanya akan menukik di awal, dan lemas kemudian. Kopi juga mengandung sifat diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi. Jadi gampang haus.

4. Sereal

Sebagian dari orang memilih sereal menjadi makanan saat sahur, karena sereal adalah makanan yang mudah dan simple. Tapi beberapa sereal memiliki glikemik yang tinggi, sehingga menyerap dan mencerna karbohidrat dengan cepat. Akibatnya energi mudah terkuras di awal dan lemas setelahnya. Sebaiknya pilihlah sereal dengan kandungan gandum utuh dan serat yang tinggi.

5. Gula

Meski menjadi favorit kebanyakan orang. Gula menjadi makanan yang harus kamu kurangi untuk dikonsumsi saat sahur, karena dapat menyerap energi dengan cepat. Beberapa makanan manis seperti minuman bersoda, minuman berenergi, permen harus dihindari saat sahur.

Setelah mengetahui jenis makanan yang dapat menguras energi saat dikonsumsi pada waktu sahur. Kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi zat besi, sehingga tidak mudah lelah saat berpuasa, seperti bayam ataupun kacang-kacangan. Konsumsi makanan yang tepat supaya puasamu tetap berjalan lancar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *