Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian?

Selain saat hamil, ibu juga sering ragu untuk makan buah durian pada saat menyusui. Seorang ibu berusaha untuk memberikan ASI (Air Susu Ibu) terbaiknya dengan nutrisi yang seimbang supaya tumbuh kembang anak berjalan dengan baik. Karena banyaknya mitos yang beredar tentang larangan ibu menyusui makan durian, ibu jadi sering menolak jika diajak makan durian. Bagaimana dengan faktanya? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga : Tips Bagi Ibu Hamil saat Masa Pandemi

Bolehkah ibu menyusui makan durian? Jawabannya boleh. Dilansir dari Asian Parents, tidak ada pengaruhnya ibu menyusui makan durian terhadap ASInya. Makan durian diperbolehkan asal tidak menimbulkan reaksi alergi serta tidak berlebihan. Mengonsumsi durian dengan berlebihan dapat menyebabkan rasa mual, kembung dan sakit kepala. Akan tetapi baik dikonsumsi dalam batas wajar karena kandungan gizi durian yang beragam.

Kandungan zat bergizi dalam durian

  1. Antioksidan

Seperti yang kita ketahui, antioksidan baik bagi tubuh sebagai penangkal radikal bebas. Sehingga mampu menjaga ibu dan bayi dari berbagai sumber penyakit.

  1. Serat

Tak kalah dengan sayur-sayuran serta biji-bijian, durian juga memiliki kandungan serat. Dalam 100 gram terdapat 3,8 gram kandungan serat yang sangat baik bagi pencernaan tubuh. Selain melancarkan pencernaan, serat juga dapat mencegah penyakit jantung dan kolesterol.

  1. Kalium

Sama seperti kacang-kacangan, dalam 100 gram durian terdapat 436 mg kalium yang baik untuk dikonsumsi. Kandungan kaliumnya bermanfaat menjaga metabolisme tubuh, penguatan tulang dan otot, serta mengurangi darah tinggi.

Baca Juga : 7 Tanda Kehamilan Yang Sehat

  1. Karbohidrat

Buah durian mengandung karbohidrat makanya saat mengonsumsi durian perut menjadi kenyang. Dalam 100 gram terdapat kandungan karbohidrat sebesar 27 gram lebih besar dari pada kandungan gizi yang lainnya. Terbukti buah durian mampu menjadi sumber energi.

Dengan banyaknya kandungan gizi dalam buah durian, tapi pastikan ibu menyusui untuk hanya mengonsumsi durian secukupnya. Untuk ibu menyusui disarankan hanya mengonsumsi 2-3 potong buah durian dengan ukuran sedang. Konsumsi 1-2 potong apabila berukuran besar. Ditakutkan jika berlebihan malah justru bukan mengambil manfaat dari gizi tersebut melainkan mendatangkan sumber penyakit. Usahakan untuk memperhatikan tingkat kematangannya supaya bisa mendapatkan gizi yang sesuai.

Untuk masalah yang satu di atas, datang saja ke Kedai Duren Wakroban untuk mendapatkan jawabannya, buah durian terbaik tersedia dalam jumlah banyak dan beragam varian.
Bisa langsung mengujungi durenwakroban.id untuk melakukan pemesanan online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *