Tips Bagi Ibu Hamil saat Masa Pandemi

Kehamilan adalah keadaan seorang wanita yang membawa embrio di dalam rahimnya. Kehamilan bisa menjadi berita yang sangat menggembirakan bagi pasangan yang mendambakan seorang anak atau bagi pasangan yang baru menikah.

Namun, saat ini kondisi diluar rumah sedang tidak begitu sehat dengan adanya virus covid-19 yang dapat menularkan antar manusia.

Menurut artikel di alodokter.com, COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, yaitu virus jenis baru dari coronavirus (kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan). Infeksi virus Corona bisa menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu, atau infeksi sistem pernapasan dan paru-paru, seperti pneumonia.

Baca Juga : Jangan Kurang Makan! Ini Pola Makan yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Dalam menjalani kehamilan, ibu hamil harus menjaga kesehatan tubuhnya agar tidak sakit atau lemas. Apalagi di dalam masa pandemi ini, ibu hamil harus berusaha menjaga kesehatan diri sendiri dan juga janin yang dikandungnya lebih ekstra.

Sama seperti orang lain, selama pandemi ibu hamil harus lakukan upaya pencegahan agar tak terjangkit virus covid-19. Saat hamil imun tubuh akan mengalami perubahan dan menjadi rentan, usahakan sebisa mungkin diam dan berkegiatan di rumah aja.

Tips dan larangan untuk ibu hamil selama masa pandemi :
– Hindari menyentuh langsung mulut, hidung dan mata dengan tangan yang belum di cuci
– Cuci tangan pakai sabun sesering mungkin
– Lakukan olahraga ringan di rumah seperti yoga, senam ibu hamil, dan peregangan mandiri
– Saat periksakan diri ke dokter kandungan atau rumah sakit, selalu pakai masker dan jaga jarak dengan orang lain
– Tidak keluar rumah apabila tidak benar benar dibutuhkan
– Konsumsi makanan sehat dan bergizi
– Hindari orang orang yang sedang sakit

Baca Juga : Lebih mengenal apa itu polip pada rahim

Kehamilan di masa pandemi ini pastinya lebih menantang, lebih ekstra menjaga diri, dan menjaga kandungan. Akan tetapi ibu hamil dapat tetap menjalani proses ini dengan nyaman dan aman. Inilah tips dan larangan yang dapat saya bagikan untuk ibu hamil lakukan selama masa pandemi ini. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *