Jangan Kurang Makan! Ini Pola Makan yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Saat sedang masa menyusui, seorang ibu harus bisa memenuhi asupan untuk dirinya dan si bayi. Sehingga sering kali ibu merasa mudah lapar. Wajar saja, ASI yang diserap bayi memang mengambil pasokan nutrisi dan energi dari tubuh ibu. Lalu bagaimana menyiasati agar kebutuhan ibu dan anak terpenuhi?

Banyak ibu yang bertanya, bagaimana pola makan yang baik bagi ibu saat menyusui, apa yang dapat membantu mereka mendapatkan jumlah ASI yang diinginkan, apa saja makanan yang baik dan tidak baik untuk bayi saat ibu menyusui. Sebenarnya tidak ada makanan khusus terhadap pola makan saat ibu menyusui, hanya saja ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi diet yang seimbang.

Maksudnya adalah, ibu menyusui wajib mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayuran, makanan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks dan kalsium. Dengan begitu, kebutuhan gizi ibu dan anak terpenuhi dan terjaga nutrisinya. Perlu diingat, selama ibu menyusui diharapkan dapat memenuhi asupan energi sebesar 500 kkal di luar kebutuhan energi dasar ibu.

Maka dari itu, ganti makanan yang kurang sehat dengan yang lebih sehat. Makan nasi putih bisa diganti dengan nasi merah atau nasi jagung. Camilan buah-buahan. Perbanyak makanan sayuran dan buah.

Jika ibu merasa kesulitan dalam memiliki waktu yang tepat untuk makan dengan layak, cobalah untuk memilih masakan yang sederhana sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mempersiapkannya, memrioritaskan untuk makan dengan teratur, dan makan dalam porsi kecil tetapi sering.

Menurut dr. Zaidul Akbar, ibu menyusui jangan sampai kurang makan. Dalam arti, jangan mengurangi kalori. Makan dengan baik, hanya saja mencoba mengganti jenis makanan seperti nasi putih diganti dengan nasi merah, menggunakan tepung non gluten, konsumsi susu almond, serta hindari banyak mengonsumsi camilan tinggi gula. Karena dapat melemahkan imunitas bayi.

Hindari makanan dengan lemak tinggi seperti gorengan. Dan yang tidak kalah penting adalah kebutuhan akan cairan. Pastikan ibu minum air putih yang cukup, karena air putih merupakan sumber cairan utama.

Nah itu dia, pola makan yang baik untuk ibu yang sedang menyusui. Bisa ibu coba di rumah agar ibu dan anak sama-sama sehat. Semoga bemanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *