Tumbuh Uban di Usia Muda? Begini Cara Mengurangi Uban

Rambut beruban adalah kondisi perubahan warna rambut yang menjadi memutih. Uban identik dengan fenomena ketuaan, maksudnya adalah fenomena yang muncul hanya pada orang tua. Namun semakin kesini, anggapan itu ditepis sebab banyak pula anak muda atau paruh baya yang sudah memiliki uban di kepalanya. memiliki uban di usia muda tentu sedikit mengganggu dan membuat penampilan sering tidak percaya diri.

Penyebab uban muncul di usia muda, antara lain: faktor keturunan, kekurangan vitamin B12, perubahan hormon, gangguan auto imun, hingga tingkat stress.

Faktor keturunan, menurut penelitian Doris Day oleh seorang profesional klinis dermatology di Pusat Medis Langone University, New York. Uban memang mirip seperti jenis penyakit tertentu yang bisa juga diturunkan secara genetis.

Kekurangan vitamin B12, berdampak pada sel darah merah dan akibatnya mempercepat pertumbuhan uban di usia muda.

Perubahan hormon, yang terjadi pada estrogen, progesteron, dan kortisol semakin mempercepat pertumbuhan uban.

Gangguan auto imun, dapat memicu pertumbuhan uban dengan cepat.

Akibat stres, anggapan stres menjadi penyebab munculnya uban di usia muda masih diperdebatkan. Namun dari segi genetik, semakin akut tingkat stres yang dirasakan semakin benar pula dampak kemunculan uban.

Namun sebenarnya hal itu adalah fenomena biologis yang wajar dan pasti akan dialami semua orang baik pria dan wanita. Ada baiknya saat ini kamu mulai memperhatikan bagaimana cara mengurangi uban yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Di bawah ini cara mengurangi uban secara alami, berikut penjelasannya:

Menurut dr. Adhi P, untuk mengatasi rambut beruban di usia yang relatif muda perlu dilakukan beberapa cara seperti menghindari paparan radikal bebas, hindari kebiasaan merokok, perbanyak asupan nutrisi seperti buah dan sayur, kelola stres, perbanyak minum, olahraga teratur, dan juga dapat menghilangkan uban menggunakan beberapa cara seperti:

  • Menggunakan teh hitam
  • Menggunakan daun kari atau salam koja
  • Menggunakan minyak kelapa dan air lemon

Menurut dr. Zaidul Akbar, untuk mengurangi uban sebaiknya jangan makan gorengan, sebab uban merupakan tanda oksidasi karena tubuh terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan yang mengambil elektron di tubuh, maka butuh radikal scavenger dengan konsumsi sayur dan buah. Salah satu radikal scavenger yang baik adalah ultimate kunyit.

Jika masih kesulitan, periksakan diri pada dokter kulit untuk memeriksa kondisi anda dan mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. perhatikan jika uban bertambah banyak dan cepat bisa jadi timbul kelainan pigmen kulit. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *