Mudah Cemas? Ini Obat Anxiety Gangguan Kecemasan Menurut dr. Zaidul Akbar

Semua orang pasti pernah mengalami rasa cemas, termasuk kamu. Hal tersebut adalah hal yang lumrah, namun hati-hati jika timbul rasa cemas yang berlebihan atau terjadi dalam kurun waktu yang sering. Bisa jadi itu merupakan penyakit anxiety.

Anxiety disorder adalah gangguan kecemasan mental yang ditandai dengan perasaan khawatir. Cemas atau takut yang cukup kuat untuk mengganggu aktivitas sehari-hari. Contoh gangguan kecemasan yaitu serangan panik, gangguan obsesif-kompulsif, dan gangguan stress pasca trauma.

Penyebab gangguan kecemasan bisa muncul karena beberapa faktor seperti, pengalaman negatif yang menyebabkan stress atau trauma psikolog, keturunan, gangguan kepribadian, efek samping obat, atau gangguan irama jantung dan penyakit tiroid.

Gejala penyakit anxiety:

  1. Merasa lelah
  2. Gelisah terus-menerus
  3. Kesulitan konsentrasi
  4. Mudah tersinggung
  5. Kesulitan mengendalikan perasaan khawatir
  6. Kram otot
  7. Mengalami gangguan tidur
  8. Kesulitan tidur atau selalu merasa kurang tidur

Gejalanya berupa stres yang tidak sesuai dengan dampak peristiwa, ketidakmampuan untuk menepis kekhawatiran, dan gelisah. Orang mungkin mengalami perilaku gelisah, iritabilitas, atau kewaspadaan berlebihan.

Menurut dr. Zaidul Akbar dalam kajiannya, bagi para penderita anxiety yang tidak jelas sebabnya. Bisa terjadi karena anxiety banyak terkait dengan defisiensi gizi atau kekurangan mineral khususnya. Solusinya adalah mengonsumsi buah, sayur, produk lebah, garam Himalaya, dan jeruk nipis menjadi supplier mineral yang baik untuk tubuh. Semakin tubuh terasupi asam amino, enzim yang baik maka produk makanan dan minuman tadi akan menutrisi untuk tubuh.

Jika tidak diatasi, gangguan kecemasan dapat menyebabkan banyak komplikasi sebab meningkatkan risiko gangguan psikologis lainnya. Maka dari itu perlunya dilakukan pencegahan yaitu dengan cara berolahraga secara teratur, berhenti merokok, membatasi jumlah alkohol dan kafein yang dikonsumsi, melakukan kegiatan atau latihan relaksasi secara teratur, seperti yoga, meditasi, atau tai chi. Melakukan hobi atau kegiatan relaks yang disukai, seperti berkebun, merajut, ataupun melukis. Kamu juga bisa melakukan konseling dengan dokter kepercayaan, dan kurangi obat anti depresan untuk menghindari kecanduan.

Selain itu, kecemasan tanpa sebab adalah karena perasaan was-was dari syaithan, maka perlunya pendekatan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta ’ala dengan berta ‘awudz, zikir, doa, ruqiyah mandiri, serta berdoalah kepada Allah Subhanahu Wa Ta ’ala agar terhindar dari kecemasan tersebut. Walla hu ‘alam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *