Cara Berjemur yang Tepat Di Bawah Sinar Matahari

Saat ini berjemur di bawah sinar matahari menjadi trend masyarakat setelah munculnya virus corona. Beberapa orang yang dulunya enggan berjemur, dengan suka rela menyempatkan waktunya untuk berjemur. Orang-orang ada yang berjemur secara individu, ada juga yang kompak berjemur dengan tetangga lain di depan atau di atap rumah. Dari berbagai sumber, Sinar ultraviolet dari matahari mengandung vitamin D yang baik bagi tubuh.

Perlu dicatat, selain harus mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi, seperti susu, sereal. telur, hati dan jamur. Kegiatan berjemur sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem imun. Jika imun kita kuat, maka kita bisa menangkal virus-virus yang ingin masuk ke tubuh. Namun berjemur tidak akan mematikan virus corona. Hanya saja, dapat membantu mengaktifkan sintesis vitamin D untuk memodulasi sistem imun sehingga bisa bertahan terhadap infeksi apapun termasuk virus corona.

Selain itu, Vitamin D juga berfungsi dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, kesehatan otak dan safar serta cocok bagi penderita diabetes. Sinar UV menjaga regulasi kadar insulin sehingga mengdukung terapi diabetes.

Namun sinar UV juga memiliki dampak negatif. Sering diketahui banyak orang kalau berjemur di bawah sinar matahari akan menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Kedua, adanya peradangan akut kulit pasca berjemur di bawah sianr matahari. Ketiga, penuaan dini yang disebabkan karena jaringan kolagen yang ter-degradasi sehingga menimbulkan dehidrasi pada kulit dan mudah menjadi keriput atau kering. Terakhir, jika terlalu lama berjemur atau terkena paparan sinar UV dapat mengakibatkan penurunan kekebalan tubuh.

Waktu terbaik untuk berjemur yakni antara pukul 8 – 10 pagi, karena pada saat itu tingkat UV masih rendah. Lakukan selama 10 – 15 menit. Ulangi 2 – 3 kali dalam satu minggu. Gunakan topi atau kacamata untuk menghindari matahri pada area wajah dan mata, karena keduanya sangat sensitif. Cukup paparkan pada area badan, lengan dan tungkai. Untuk mengurangi peradangan dan rasa panas, sebaiknya oleskan krim/sunblock/lotion/aloe vera. Kamu juga bisa melakukannya sambil berolahraga ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *