Cara Jaga Stamina Saat Puasa, Tubuh Tetap Bugar

Banyak perubahan tubuh saat berpuasa, seperti pola tidur, pola makan, olahraga dan aktivitas harian. Sehingga terjadi penurunan stamina, serta tubuh merasa lemas. Saat puasa kita perlu makan-makanan bergizi pada sahur dan berbuka. Hindari begadang dan tetap lakukan olahraga. Bagi kamu yang sedang hamil atau memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan pada dokter.

Di bawah ini cara jaga stamina saat puasa, supaya tubuh tetap bugar:

1. Makan sahur

Jangan tinggalkan sahur. Makanan yang kamu konsumsi saat sahur memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh selama seharian penuh. Pilih makanan mengandung karbohidrat seperti, nasi merah, singkong, roti gandum, serta makanan yang mengandung zat besi seperti kacang-kacangan.

2. Tidur teratur

Kebutuhan tidur harus terpenuhi. Karena kamu harus bangun lebih awal untuk sahur sehingga kemungkinan kurang tidur lebih besar. Optimalkan waktu tidur 6-8 jam per hari dengan menyiasati tidur lebih cepat dari biasanya.

3. Olahraga

Lakukan olahraga ringan yang tidak menguras energi supaya tubuh tetap bugar. Seperti jogging, atau bersepeda. Jangan terlalu dipaksakan jika tidak kuat. Kamu bisa lakukan 30 menit sebelum buka puasa atau pada pagi hari sambil menghirup udara segar.

4. Penuhi cairan tubuh

Cara menjaga stamina saat puasa agar tubuh tetap bugar yaitu dengan minum yang cukup. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi yang bisa membuat staminan turun dan tubuhmu menjadi lemas.

Pastikan mengkonsumsi air minum minimal delapa gelas setiap hari. Kamu bisa mencicilnya, seperti, satu gelas setelah bangun tidur, satu gelas setelah sahur, satu gelas setelah azan maghrib, satu gelas setelah makan, satu gelas setelah shalat isya, satu gelas setelah shalat tarawih, satu gelas sebelum tidur.

5. Hindari makanan yang dapat menguras energimu dengan cepat

Makanan atau minuman yang menguras energi cepat saat puasa seperti mengkonsumsi kopi, makanan banyak mengandung gula, sereal tanpa gandum, serta makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan. Karena kadar minyak berlebih dapat membuat sel darah merah menggumpal dan terhambat, menyebabkan aliran oksigen ke tubuh berkurang. Serta butuh energi banyak untuk mencerna. Kamu jadi mudah lemas dan mengantuk saat puasa.

Jangan lupa untuk konsumsi multivitamin agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit dan mampu beraktivitas dengan baik. smeoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *