Cara mengasah pisau dapur untuk memasak di rumah

Siapa yang kalau lagi enak-enak masak tiba-tiba sebal karena pisau yang dipakai ternyata tumpul? Pasti gemes sendiri ya. Proses memotong jadi membutuhkan waktu lama dan sulit. Menurut chef profesional, pisau yang tumpul justru berbahaya, karena usaha memotong akan bahan lebih besar, takut-takut nanti tangan kita yang teriris.

Tapi jangan jadikan pisau yang tumpul jadi halangan untuk kita memasak. Kamu tidak perlu jauh-jauh harus pergi ke pasar lagi untuk beli pisau. Cukup dengan mengasah pisau agar kembali tajam.

Di bawah ini cara mudah mengasah pisau untuk memasak di dapur supaya bisa tajam lebih lama.

  1. Persiapkan batu asah dan basahi dengan air

Dengan membasahi batu asah, itu akan mempermudah anda untuk menggesekkan pisau pada batu, sehingga tidak perlu pelumas. Sehingga saat mengasah, gerakanmu lebih licin dan nyaman. Untuk kelembapan yang lebih baik, batu asah bisa direndam dulu dalam air selama 30 menit

  1. Menggosok pisau pada sudut yang tumpul

Perhatikan mata pisau dengan baik, kamu pasti akan sadar bagiannya tidak rata. Kamu bisa mengasah pisau dengan menggosok-gosokkan sudut yang tumpul dengan batu asahan.

Asah pisau dengan sedikit miring agar fokus pada mata pisau. Lakukan dengan gerakan vertikal atau melingkar sebanyak 5-7 kali saja. Saat mengasah, kedua tanganmu harus aktif, agar batu asah tidak ikut bergerak. Perlu dicatat, tanganmu juga harus menekan bagian metal pisau saat mengasah, agar bagian yang tumpul dapat bersinggungan rekat dengan batunya. Cara menggosok pisau jangan bolak-balik, melainkan lakukan dari ujung ke ujung.

  1. Cuci bersih pisau

Setelah dirasa pisau tajam. Pisau yang sudah diasah harus dicuci bersih sebelum dipakai untuk memotong. Karena sisa-sia permukaan batu yang tertinggal dapat menyebabkan munculnya bakteri. Setelah bersih, keringkan dengan lap sampai kering.

Mudah bukan, cara mengasah pisau dapur untuk memasak di rumah. Untuk mencoba apakah pisaumu sudah tajam. Sebaiknya gunakan kertas dan coba untuk potong-potong kertas tersebut. Jangan coba-coba menggunakan tangan untuk menguji pisau, kalau kamu tidak ingin tanganmu terluka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *