Harta yang paling berharga adalah keluarga

Apa yang ada di dalam benak kamu, jika ditanya “apa harta yang paling berharga?”. Sebagian orang mungkin akan menjawab uang sebagai harta yang paling berharga. Tidak salah sih, karena beberapa orang menganggap uang dapat membeli apapun yang kita mau. Dengan uang mereka merasa mampu menyelesaikan semuanya dengan uang.

Namun, percayalah. Tidak semua hal bisa diselesaikan dengan uang. Setiap manusia juga butuh perhatian dan kasih sayang, dan uang bukan jaminan kebahagiaan. Di antara harta yang paling berharga jawabannya adalah keluarga. Keluarga adalah rumah yang pintunya selalu terbuka. Keluarga adalah tempatmu pulang. Mereka selalu ada dalam keadaan susah maupun senang.

  • Keluarga tempat belajar segala sesuatu

Ilmu bukan hanya didapat dalam pendidikan formal saja. Ilmu kehidupan bisa kamu dapatkan dari keluarga. Ada peribahasa pengalaman adalah guru terbaik. Pengalaman mereka juga bisa kamu ambil untuk dijadikan pelajaran.

Sebagai contoh, perempuan di rumah pasti seringkali mendapat wejangan-wejangan dari ibu. Harus inilah harus itulah. Harus bisa melakukan pekerjaan rumah. Nasehat-nasehat lama terus disampaikan untuk pelajaran kamu kelak.

  • Kamu bisa menjadi dirimu sendiri

Tanpa sadar kamu akan merasakan perbedaan saat di luar dengan di dalam (keluarga). Di luar kamu bisa menunjukkan seberapa berpengaruhnya kamu, seberapa positifnya kamu. Namun bersama keluarga, kamu bisa menunjukkan sisi positif, terkadang kamu juga bisa menunjukkan sisi lemahmu. Mereka bisa tahu seberapa kadar tingkat emosi, seberapa besar masalahmu, seberapa besar terpuruknya kamu saat menghadapi masalah. Walau kamu orang tertutup sekalipun, kalau sedang frustasi pasti akan tampak dari luar, dan keluarga yang begitu mengenalmu akan paham bagaimana keadaanmu.

  • Tidak menampik keluarga adalah satu-satunya semangat

Ya, meski kamu punya pasangan sekalipun yang gemar memberi perhatian. Pasti akan kalah juga dengan perhatian dari keluarga. Saat kamu berkali-kali dipatahkan dunia, mereka bisa menumbuhkan semangatmu dan membuatmu bangkit lagi. Lebih manjur dan mujur.

Harta yang paling berharga adalah keluarga. Ini bukan agenda promosi film keluarga cemara. Tapi coba deh kamu renungkan lagi. Pasti keluarga jawaban di antara harta yang paling berharga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *