Ternyata Pria Juga Mengalami PMS Lho, Begini Penjelasannya

Wanita seringkali mengalami perubahan mood, apalagi kalau sedang datang bulan atau sering disebut menstruasi. Pada saat itu mood wanita menjadi tidak stabil. Bawaannya pasti marah terus, betulkan? Namun tahukah kamu? Ternyata pria juga bisa mengalami PMS lho. Jika pada wanita istilah perubahan mood dikenal dengan PMS. Maka untuk pria, perubahan mood dikenal dengan IMS.

Apa itu IMS?

Irritable Male Syndrome (IMS) adalah suatu keadaan di mana pria mengalami rasa gugup, mudah tersinggung, kelelahan, bahkan depresi. Kondisi ini dipengaruhi karena adanya penurunan kadar testosteron pada pria yang menyebabkan kondisi mood menjadi buruk. IMS juga bisa disebabkan karena beberapa faktor, antara lain: tingkat stress yang tinggi, perasaan tertekan, konsumsi alkohol, serta pemilihan diet yang salah.

Apa saja gejala IMS?

Gejala IMS mirip dengan gejala pada saat wanita mengalami PMS, yaitu munculnya beberapa perasaan seperti,

  1. Marah
  2. Cemas
  3. Sensitif atau mudah tersinggung
  4. Merasa cuek, anti sosial, hingga depresi

Selain itu, ada juga gejala yang menyebabkan keluhan pada fisik, seperti:

  1. Nyeri punggung
  2. Sakit kepala
  3. Gangguan fungsi seksual pria
  4. Kehilangan gairah seksual

Apa yang harus dilakukan jika mengalami IMS?

Pria perlu menjalani gaya hidup sehat dengan pola makan yang baik, olahraga secara rutin, istirahat yang cukup, dan belajar mengelola stress. Namun jika gejala-gejala IMS menunjukkan tingkat depresi yang tinggi, sebaiknya langsung konsultasikan pada dokter. Dokter akan mengarahkan pria untuk terapi hormon supaya membantu mengendalikan keparahan gejala IMS.

Selain itu, ada beberapa tips menghadapi pria yang sedang IMS, antara lain dengan:

  • Cobalah untuk mengerti perasaan pria, terkadang kita tidak pernah hubungkan dengan hormon. Jadi perubahan mood pada pria sering kali menimbulkan kesalahpahaman.
  • Cobalah untuk mencari tahu penyebab utama kemurungan pada pria
  • Berikan dukungan dan pengertian, serta bersabar dalam menghadapi pria IMS
  • Jika gejala tidak bisa dikendalikan, sebaiknya sarankan untuk pergi ke dokter

Nah, itu dia penjelasan tentang pria yang ternyata juga bisa PMS. Jadi bukan hanya perempuan saja ya yang PMS dan harus selalu diberi pengertian. Tetapi laki-laki juga lho. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *