Cara Mengatasi Keringat Berlebihan

Keringat berlebihan dapat membuat seseorang merasa terganggu, serta bisa mengurangi tingkat percaya diri. Kondisi ini ternyata bisa menjadi tanda adanya gangguan pada kesehatan tubuhmu. Berkeringat yang berlebihan secara tidak normal sering terjadi pada bagian tubuh, ketiak, serta wajah, dan biasanya tidak berhubungan dengan suhu tubuh atau olahraga.

Bisa jadi kamu mengalami hiperdrosis yaitu gangguan keringat berlebih. Menurut Kanchanapoomi Levin, orang dengan hiperdrosis akan berkeringat tanpa perlu mendinginkan tubuh. Hiperdrosis bisa jadi karena faktor keturunan, atau tanda adanya masalah mendasar seperti, infeksi, masalah jantung, tiroid yang terlalu aktif, bahkan kanker yang mungkin juga disebabkan oleh saraf yang terlalu aktif.

Faktor obat-obatan seperti dekongestan oral (pseudoefedrin dan fenilefrin), obat-obatan disfungsi ereksi (Viagra dan Ciasis), dan beberapa antidepresan juga dapat menjadi penyebab adanya keringat berlebih. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter, apakah ada opsi lain yang tidak akan membuat kamu berkeringat berlebihan.

Adapun penyebab umum berkeringat berlebihan dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya meliputi olahraga berat, berada di lingkungan yang panas, atau menghabiskan waktu di sauna.

Untuk menghentikannya kamu bisa menggunakan anti perspiran berbasis alumunium, mandi setiap hari, dan mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan alami yang memungkinkan kulit untuk bernapas agar dapat membantu mengurangi keringat.

Menurut dr. Zaidul Akbar dalam kajiannya, ada seorang laki-laki usia 26 tahun bertanya bagaimana cara mengatasi keringat berlebihan sebab dia mengalami keringat berlebih di area kepala dan itu sangat mengganggu, sehingga membuatnya stress. Beliau menyarankan untuk berbekam, melakukan puasa daud serta mengonsumsi Habbatussauda dapat mengurangi keringat yang berlebihan.

Jika keadaan bertambah parah seperti tubuh menggigil, pusing, nyeri dada, mual dan perubahan suhu hingga 40°C atau lebih tinggi. Segera periksa ke dokter. Jika kamu merasa keluarnya keringat telah mengganggu rutinitas sehari-hari, mengeluarkan banyak keringat, dan berkeringat di malam hari tanpa alasan yang jelas.

Nah, itu dia cara mengatasi keringat berlebihan yang dapat dilakukan. Jika kondisi tersebut terus berlanjut segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *