Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat New Normal

Memasuki era new normal dalam masa pandemi COVID-19, mau tidak mau kamu harus mempersiapkan diri. Selama vaksin belum ditemukan, artinya masyarakat masih hidup berdampingan dengan virus tersebut. Maka dari itu, perlu mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa saat menghadapi new normal. Untuk beraktivitas di luar rumah seperti ke tempat kerja, mal, ataupun sekolah, kamu harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan.

Di bawah ini beberapa benda yang harus kamu miliki.

1. Masker

Selalu sedia masker dan ganti secara berkala, sebab masker berguna untuk menghindari percikan droplet atau air liur saat bersama orang lain. Cuci setiap selesai menggunakan masker kain, dan buang ke tempat sampah jika kamu menggunakan masker sekali pakai. Saat ingin membuka masker, jangan memegang sisi depan tetapi bukalah tali yang berada di kuping atau bagian belakang kepala.

2. Hand sanitizer dan sabun cuci tangan

Saat ini hand sanitizer bisa menjadi alternatif menjaga kebersihan, jika di tempat umum atau transportasi publik kamu tidak menemukan air untuk mencuci tangan. Namun jika kamu menemukan wastafel, sebaiknya gunakan sabun cuci tangan pribadi dibanding menggunakan sabun yang ada di tempat umum.

3. Alat makan dan tempat minum pribadi

Membawa alat makan dan tempat minum pribadi, seperti tempat makan, sendok, dan garpu sangat penting dalam menghadapi new normal. Hal ini guna mengurangi penyebaran dari alat makan yang sama. Saat ini sudah banyak alat makan yang praktis dan mudah dibawa di dalam tas.

4. Tisu basah atau kering

Tisu basah dengan anti bakteri-al merupakan alternatif jika tidak ada hand sanitizer. Tisu basah juga berguna untuk membersihkan alat makan di tempat umum atau membersihkan tangan setelah memegang benda-benda sekitar. Sedangkan tisu kering bisa kamu gunakan setelah mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun saat berada di tempat umum.

5. Alat salat

Selain alat makan dan minum, sebaiknya kamu juga membawa alat salat pribadi. Khususnya bagi para perempuan untuk membawa mokenah sendiri, untuk laki-laki juga sebaiknya membawa sajadah sendiri.

6. Helm pribadi dan kantong

Jika kamu pengguna ojek online, sebaiknya gunakan helm pribadi agar lebih aman dan nyaman saat bepergian. Selain helm, kamu perlu membawa kantong untuk memudahkan kamu membuang tisu basah, tisu kering serta masker habis pakai.

Jangan lupa untuk mengecek kembali perlengkapan yang harus dibawa saat new normal agar tidak ada yang tertinggal saat kamu bepergian. Hal tersebut guna menurunkan risiko penularan COVID-19 supaya pandemi ini cepat berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *