Hindari Kanker dengan Menjaga Kesehatan Payudara

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan, angka kanker payudara di Indonesia mencapai 42, 1 orang per 100 ribu penduduk. Rata-rata kematian akibat kanker payudara ini mencapai 17 orang per 100 ribu penduduk. Adanya data di atas tentu bisa menjadi perhatian bagi kaum wanita untuk menjaga kesehatan payudara. Namun jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko kanker payudara.

Pemerintah juga turut menggalakkan pencegahan kanker payudara dengan seksama. Salah satunya adalah program SADARI, yaitu periksa payudara sendiri. SADARI perlu dilakukan oleh setiap wanita mulai usia 20 tahun. Melakukan pemeriksaan rutin setiap bulan, 7-10 hari selepas haid terakhir. Melalui SADARI, wanita dapat mendeteksi ada tidaknya keabnormalan. Jika terdapat kondisi yang mencurigakan bisa segera periksa ke dokter. Bukan hanya itu saja, menjaga kesehatan payudara juga harus ditunjang dengan pola hidup yang sehat. Berikut di bawah ini 3 cara untuk menjaga kesehatan payudara.

1. Rutin berolahraga

Aktivitas fisik dapat menurunkan risiko kanker payudara. Kamu bisa melakukan olahraga dengan intensitas sedang seperti bersepeda atau jogging selama 30 menit per hari. Risiko kanker payudara lebih besar menyerang wanita yang tidak pernah mengolah fisiknya. Maka dari itu, rutinlah berolahraga lagi pula olahraga juga dapat mencegah berbagai penyakit lain.

2. Pola makan sehat dan seimbang

Selain berolahraga, pola makan yang sehat dan seimbang dapat mencegah risiko kanker payudara. Banyak konsumsi buah dan sayur dapat menurunkan risiko obesitas dan penimbunan lemak serta kurangi konsumsi makan-makanan cepat saji yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Baca: Gampang! Ini Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat

3. Menghindari konsumsi minuman beralkohol dan rokok

Konsumsi alkohol dan gemar merokok dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Wanita yang mengonsumsi minuman beralkohol sebanyak 5-10 gram per hari sangat berisiko terkena kanker payudara. Dengan menghindari rokok dan alkohol kamu dapat menjaga kesehatan payudara dan menghindari timbulnya penyakit lain.

Nah itu dia 3 cara menjaga kesehatan payudara. Bagi wanita yang memiliki buah hati, menyusui sudah bukan rahasia lagi dapat bermanfaat mencegah kanker payudara. Bukan hanya menguntungkan anak, tapi juga ibunya. Sebab kualitas perlindungan alami untuk payudara kamu juga semakin tinggi. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *