Trend Olahraga Sepeda! Ini 4 Manfaat Bersepeda

Kurang beraktivitas dapat mengakibatkan tubuh mudah lelah dan mudah dimasuki penyakit. Umumnya seperti diabetes, jantung, dan obesitas. Tubuh membutuhkan olahraga fisik yang teratur untuk dapat mencegahnya. Tidak perlu repot mencari pelatih atau tempat gym, kamu bisa melakukan olahraga yang murah meriah yaitu dengan bersepeda.

Bersepeda sangat mudah dilakukan dan dapat menyegarkan pikiran. Namun efek sampingnya bisa menyebabkan sedikit ketegangan dan cedera. Meski begitu, bersepeda dapat menjadi latihan otot yang baik.

1. Mengontrol berat badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, bersepeda bisa menjadi salah satunya olahraga yang cocok. Bersepeda dapat meningkatkan metabolisme, membentuk otot, dan memungkinkan dapat membakar kalori lebih banyak. Terutama bersepeda dalam intensitas yang tinggi.

Namun kamu juga harus mengombinasikan dengan pola makan yang sehat. Sebuah penelitian mengatakan bahwa bersepeda 30 menit setiap hari dapat membakar lima klogram lemak.

2. Mengurangi risiko kanker

Bersepeda juga dapat mengurangi risiko kanker, Journal of American Medical Asssociation menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, meski usia lanjut berisiko lebih rendah terkena kanker paru-paru. Bersepeda secara teratur juga dapat mencegah kanker payudara.

Baca: Hindari Kanker dengan Menjaga Kesehatan Payudara 

3. Mengurangi risiko diabetes

Banyak orang yang mengidap penyakit diabetes karena kurangnya beraktivitas. Orang yang gemar bersepeda lebih dari 30 menit memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes. Bersepeda dapat mengurangi risiko diabetes hingga 40 persen. Selain diabetes, bersepeda dapat memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak darah.

4. Mengurangi stres

Tidak menampik berlama-lama di rumah membuat jenuh hingga stres. Dengan bersepeda membuat tubuh memproduksi dopamin yang dapat meningkatkan rasa bahagia sehingga mengurangi stres. Bersepeda memilik efek sama seperti berekreasi sehingga mampu meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi tingkat kecemasan yang melanda di tengah wabah corona.

Nah itu dia 4 manfaat bersepeda yang baik dapat kebugaran tubuh. Rutin bersepeda menjadi solusi terbaik untuk mengurangi dampak gaya hidup pasif. Terutama saat menghadapi era new normal. Trend bersepeda menjadi pilihan olahraga terbaik. Namun harus tetap mematuhi rambu-rambu yang ada ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *