Sering Lupa Walau Masih Muda? Mungkin Ini Penyebabnya

Lupa sering kali dihubungkan dengan usia. Biasanya pada usia lanjut seseorang mudah lupa. Namun bagaimana jika masih muda sudah lupa? Padahal lupa salah satu hal yang menyebalkan sebab dapat mengganggu aktivitas pekerjaan yang harus dilakukan. Kamu perlu mengecek kondisi tubuhmu saat kedapatan sering lupa. Itu tanda ada yang tidak benar dengan tubuhmu.

Di bawah ini beberapa hal menjadi penyebab kamu sering lupa:

  1. Kurang tidur

Kurang tidur ternyata bisa menjadi penyebab kamu mudah lupa. Sebab orang yang kurang tidur memiliki gelombang otak yang tidak teratur serta tubuh pasti lelah dan sulit mengingat dengan baik. gelombang otak akan berjalan dengan baik jika tidur karena pada saat itu memori dapat terkumpul secara maksimal.

  1. Mengonsumsi obat

Mengutip dari Time of India, cobalah untuk memeriksa kembali obat-obatan yang dikonsumsi. Beberapa obat memiliki efek samping terhadap kemampuan mengingat seseorang dalam berpikir jernih. Meski sudah mengikut saran dokter, dampak obat cukup berpengaruh pada memori.

  1. Konsentrasi menurun

Mengutip dari Dokter umum RS Awal Bros Batam, dr. Hendra Saputra mengatakan bahwa konsentrasi yang menurun maka daya tangkap memori juga berkurang. Konsentrasi yang menurun bisa disebabkan karena kurang oksigen, kurang mineral, asupan makanan yang kurang dijaga dan kurangnya elektrolit yang mempengaruhi kerja otak.

  1. Konsumsi alkohol

Apakah kamu terbiasa mengonsumsi alkohol? Sebaiknya hentikan sebab alkohol mendorong lemahnya fungsi otak, sehingga kamu menjadi mudah lupa. Seperti yang kita tahu, peminum alkohol biasanya akan lupa kejadian ketika mereka minum, namun mengingat kejadian sebelumnya.

  1. Depresi

Lupa juga bisa terjadi karena depresi. Seseorang yang dilanda kesedihan tidak akan tertarik dengan sekitar. Hal tersebut bisa mempengaruhi fungsi otak, kecepatan berpikir, dan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah.

Tidak hanya itu saja, semakin kita sibuk dengan berbagai aktivitas dan minimnya istirahat dapat membuat konsentrasi berkurang, sehingga kita mudah lupa. Otak butuh istirahat dan dengan masuknya gula dan oksigen maka tubuh akan dapat mempertahankan konsentrasi. Itu alasan mengapa orang yang lelah harus memakan makanan manis, sebab dapat menambah energi dan tubuh menjadi lebih rileks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *