5 Cara Efektif Merawat Kesehatan Mata

Terkadang kita lupa untuk merawat kesehatan mata. Apalagi di era serba digital yang mengharuskan mata kita terus menatap pada layar ponsel, komputer atau laptop. Padahal mata adalah indera yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Belum lagi bagi kaum perempuan yang sering memakai make-up, jika tidak dibersihkan dengan baik maka kotoran tersebut rentan masuk ke mata. Untuk memastikan mata tetap sehat seiring berjalannya usia. Berikut di bawah ini terdapat cara merawat kesehatan mata:

1) Makan buah dan sayur

Kesehatan tubuh selalu berkaitan dengan apa yang dimakan. Sama halnya dengan merawat kesehatan mata, buah dan sayuran menjadi asupan paling penting, terutama wortel. Sudah tidak asing lagi jika wortel dapat membantu merawat kesehatan mata. Wortel mengandung beta karoten yang merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenarasi makula.

2) Masker mentimun

Masker mentimun juga efektif untuk merawat kesehatan mata. Gunakan irisan mentimun untuk mengompres kelopak mata. Letakkan irisan mentimun yang dingin di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari, mata akan lebih rileks dan mencegah bengkak.

Baca: Bahaya Tidur di Waktu Ini, Jangan Dibiasakan!

3) Pakai kacamata

Jika kamu orang yang menghabiskan waktu di depan layar komputer, sebaiknya gunakan kacamata anti radiasi dan cobalah untuk melakukan peregangan selama 15 menit agar tidak membuat mata lelah. Pastikan memakai kacamata ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikel udara yang berbahaya.

4) Jangan membaca dalam cahaya redup

Sebuah penelitian dalam British Medical Journal membaca dalam cahaya redup dapat menyebabkan ketegangan pada otot mata. Sebab mata akan bekerja lebih keras agar bisa fokus. Sehingga membuat mata cepat lelah, perih dan dapat menimbulkan gatal.

5) Olahraga mata

Kamu bisa melakukan olahraga mata dengan memutar mata searah jarum jam atau berlawanan selama beberapa menit dan ulangi setiap 30 menit. Memandang objek yang hijau juga dapat membuat segar mata. Serta dianjurkan melihat objek lain di sekitarmu selama 30 menit, dan berkediplah untuk memperbaiki fokus mata.

Nah itu dia, 5 cara merawat kesehatan mata yang perlu kamu tahu. Rawatlah matamu dengan baik, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *