Ternyata 4 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Penampilanmu Terlihat Lebih Tua

Tubuh seringkali merespon apa yang telah kita konsumsi. Berbagai macam penyakit sering kali datang akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang cukup berisiko bagi tubuh. Perlunya sikap hati-hati pada apa yang akan dikonsumsi, karena hal tersebut dapat mempengaruhi penampilan.

Bagian tubuh yang paling sering diperhatikan seperti kulit. Tentu banyak orang rela merogoh kocek dalam untuk perawatan kulit. Mereka akan diberi vitamin serta berbagai saran asupan makanan yang dapat mencegah penuaan dini. Sehingga membuat kulit tetap segar dan cerah.

Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan penuaan dini. Seperti sering terkena paparan matahari, tingkat stress, hingga faktor makanan. Di bawah ini beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat penampilanmu terlihat tua.

  1. Makanan manis

Untuk kamu yang gemar mengkonsumsi makanan manis, supaya bisa membatasinya. Karena makanan manis merupakan makanan yang mengandung gula, seperti: jenis kue, es krim, permen, cokelat dan lainnya.

Jika dibiarkan, gula akan mengikat protein dan lemak dalam tubuh, membentuk molekul-molekul yang disebut glikasi (advances glycation end products, atau AGEs. Molekul ini dapat merusak kolagen dan elastin, sehingga dapat menyebabkan kulit kering. AGEs dapat menonaktifkan enzim antioksidan sehingga mempercepat penuaan.

  1. Minuman alkohol

Selain makanan manis, ada juga minuman yang harus kamu hindari. Minuman beralkohol dapat membuat siklus tidurmu berantakan, dan dapat merusak organ hati. Kurang tidur dapat membuat kulitmu kusam, serta organ hati dapat mengeluarkan racun yang berpotensi mempengaruhi kulit. Kalau semua itu terjadi, kamu bisa mengalami penuaan dini. Tidak mau kan?

  1. Makanan yang dibakar atau dipanggang

Makanan yang dibakar, karena saat dibakar tentu terdapat bagian yang gosong bukan? Nah, bagian yang gosong itulah yang dapat mempengaruhi kulit. Bagian yang gosong tersebut mengandung hidrokarbon pro inflamasi yang bisa menyebabkan peradangan pada kulit dan merusak kolagen.

Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit, dapat memebrikan kelembapan dan elastisitas. Saat kolagen terganggu, makan regenerasi kulit akan terganggu. Sebaiknya lebih berhati-hati dengan makanan yang dibakar, bagian gosongnya dipisahkan saja.

  1. Makanan asin

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin, dapat membuat kulitmu dehodrasi sehingga menyebabkan keriput. Sebaiknya kurangi konsumsi garam pada makanan. Hindari junkfood atau makanan instan yang tidak diketahui berapa kadar garam yang terkandung di dalamnya.

Nah, sudah tahukan apa saja makanan dan minuman yang harus kamu batasi bahkan harus kamu hindari. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi tubuh. Terbayang apa yang terjadi terhadap kulitmu? Kalau ternyata makanan dan minuman yang kamu konsumsi dapat mempengaruhi kulitmu. Sebaiknya konsumsi asupan makanan yang baik dan vitamin kulit untuk pembentukan kolagen sebagai penyeimbang kulit. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *