Tips-Tips Untuk Menciptakan Suasana Belajar di Rumah Menjadi Menyenangkan

Siapa yang sudah mulai bosan di rumah? Semenjak kedatangan virus corona ke Indonesia rutinitas berkumpul menjadi berkurang. Segala hal yang bersifat di luar ruangan harus dibatasi. Hingga pekerjaan dan pelajaran terpaksa dikerjakan di rumah.

Awal-awal memang terasa menyenangkan ketika bisa melakukan pekerjaan di rumah. Waktu berkumpul dengan keluarga lebih intensif dibanding sebelumnya. Namun kalau terlalu lama di rumah. Bosan dan tidak mudah juga. Banyak tantangannya, seperti rebahan, menonton tv, bermain gadget, belum lagi gangguan dari orang rumah, dan lainnya.

Nah, bagaimana supaya belajar di rumah tetap menyenangkan? Di bawah ini terdapat tips-tips untuk membuat suasana belajar di rumah menjadi menyenangkan.

  1. Sediakan tempat yang nyaman untuk belajar

    Jangan dekat-dekat dengan kasur, nanti jiwa rebahanmu keluar. Berat kalau maget dari kasur sudah menarik, kamu susah untuk bergerak. Ujung-ujungnya pekerjaan sekolah jadi terbengkalai deh.

Kamu bisa menyiapkan tempat belajar yang nyaman, sediakan kursi dan meja. Bila perlu cari tempat yang pencahayaannya optimal, bisa juga dekat dengan jendela. Sehingga kamu tidak merasa terganggu dengan keadaan di dalam rumah.

Baca juga : Tips Meningkatkan produktivitas Saat Work From Home 

  1. Siapkan alat belajar dan materi yang akan dipelajari


Sebelum memulai belajar, sebaiknya siapkan semua perlatan yang akan kamu gunakan. Supaya nantinya tidak repot bolak-balik mencarinya. Sehingga kamu bisa tetap fokus. Sama halnya dengan materi yang harus dipersiapkan agar kamu tahu apa yang harus kamu pelajari.

Jangan lupa, karena sekarang ini semua serba menggunakan online. Siapkan koneksi internet supaya belajar kamu lebih mudah dan menyenangkan.

  1. Siapkan camilan secukupnya


Sebenarnya camilan termasuk ke dalam hal yang akan mengganggu proses belajarmu. Namun, cemilan bisa menghilangkan rasa bosan saat sudah lama belajar. Jadi, sebaiknya siapkan camilan secukupnya supaya bisa fokus belajar dan tiak berubah jadi agenda makan. Usahakan untuk makan camilan yang bergizi, seperti buah, susu, atau jus yang baik bagi tubuh.

 

  1. Jauhkan dari benda yang membuatmu kurang fokus


Selain kamu harus mengambil tempat yang jauh dari jangkauan televisi. Kamu juga harus bisa mengurangi penggunaan gadget yang berlebihan. Kamu bisa mengubah handphone dalam mode silent, dan hanya menggunakan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Memang sulit untuk tidak tertarik dengan handphone. Tapi pasti kamu bisa mencobanya, itupun kalau kamu ingin pekerjaanmu cepat selesai.

Baca juga : Tips Agar Suami Berhenti Merokok

  1. Pastikan tempat belajarmu bersih dan nyaman


Sebelum atau sesudah belajar, pastikan tempat belajarmu bersih sehingga nyaman untuk digunakan kembali. Kamu juga bisa mendesain tempat belajarmu dengan sticky note warna-warni supaya kamu bisa lebih ingat catatan-catatan penting dan apa yang akan kamu pelajari selanjutnya. Kreasikan workspace di rumahmu agar kian menarik supaya kamu lebih betah untuk belajar.

Nah, itu dia tips-tips untuk menciptakan suasana belajar di rumah menjadi menyenangkan. Kamu bisa mencobanya di rumah, sehingga suasana belajar tidak berubah jadi bosan dan kamu dapat belajar dengan nyaman. Siapa yang tahu, kalau nanti bonus nilai yang memuaskan. Semoga bemanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *