4 Obat Herbal yang Mudah di Temukan Untuk Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal adalah batu yang terdapat di kandung kencing. Penyebab utamanya terjadi karena endapan-endapan urine yang mengandung banyak garam yang tidak larut. Batu ginjal seperti limbah yang membentuk kristal kemudian menumpuk. Lambat laun semakin keras menyerupai batu. Inti dari sebutir batu biasanya terdiri dari sel epitel, lendir, nanah, sel darah merah dan sebagainya.

Baca juga tentang artikel pengobatan sakit maag

Batu ginjal dipicu karena kurangnya minum air putih, obesitas maupun efek samping dari operasi pada organ pencernaan. Terdapat empat jenis batu dalam batu ginjal, antara lain: batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.

Gejala yang dirasakan para penyebab batu ginjal:

  1. Rasa nyeri dan sakit pada saat kencing
  2. Mual serta muntah, demam tinggi, dan merasakan sakit pada pinggang
  3. Kencing terkadang mengeluarkan darah
  4. Pembengkakan pada mata dan kaki, serta perubahan warna struktur air seni
  5. Sesak napas dan sering merasakan lemas

Perlunya pengobatan medis jika batu ginjal sudah semakin besar dan memperparah kondisi tubuh. Namun jika masih kecil, gejalanya bisa diobati di rumah. Selain pengobatan medis, obat-obatan herbal dapat mengobati dan meluruhkan batu ginjal. Berikut di bawah ini beberapa obat herbal yang umum digunakan:

Baca juga Menghilangkan perut buncit dalam 2 minggu

  1. Lemon

Lemon merupakan buah yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah batu ginjal. Perasan air lemon mengandung banyak vitamin C dan sitrat, sehingga dapat membantu ginjal menghasilkan banyak urine dan mencegah proses pengendapan kristal dan mineral.

  1. Buah delima

Buah yang kaya antioksidan dan polifenol dapat melindungi ginjal. Buah delima dapat mencegah pengendapan kalsium, urea dan asam urat di dalam ginjal. Selain itu terdapat zat aktif yang dapat membantu mengurangi nyeri akibat batu ginjal yang mengendap dalam saluran kemih. Untuk efektivitas buah delima sendiri masih terdapat penelitian lebih lanjut.

  1. Seledri

Selain buah delima, seledri juga mengandung antioksidan dan senyawa yang dapat meningkatkan produksi urine sehingga membantu mengurangi terbentuknya batu-batu ginjal. Seledri juga dapat membersihkan racun dan mengangkat tumpukan mineral yang mengkristal di ginjal.

  1. Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing terkenal dapat mengobati penyakit ginjal, asam urat dan diabetes. Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat mencegah adanya pengendapan mineral dan garam di ginjal sehingga ginjal terangsang untuk mengeluarkan urine.

  1. Air putih

Meski air putih bukanlah bagian dari obat-obatan herbal. Namun batu ginjal juga dipicu oleh kurangnya mengkonsumsi air putih. Air putih merupakan cara yang paling gampang untuk mencegah batu ginjal. Sebaiknya minum air putih 8 gelas dalam sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *