6 Tips Menghadapi para pembullying dengan cerdas dan menjadi diri lebih baik

Beberapa lalu ada sebuah berita siswa salah satu sekolah meninggal dengan cara bunuh diri, semoga saudari kita bisa tenang disana. Sekali lagi telah terjadi dan terulang kembali fenomena yang menyebabkan dari itu semua. Sebuah bentuk kekerasan fisik dan emosional yang paling umum khususnya pada anak-anak dan remaja bentuk kekerasan itu lebih dikenal dengan bullying.

Bulying dikalangan remaja sangat berdampak negatif pada para korban, bullying terjadi disebabkan beberapa hal seperti kejelekan seseorang, ejek orangtua, sosial ataupun yang lainnya. Tulisan ini dibuat khusus agar kamu yang sedang merasa pada kejadian ini kamu tidak perlu risau akan hal ini, kami akan bisa semampu kami untuk menemani diri kalian. You are never walk alone.

Kami memberikan beberapa tips untuk kalian yang merasakan perasaan ini, gertakan ini semoga bisa membantu untuk kalian.

  1. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri

Ketika hal ini sedang berlangsung (bullying), apakah kalian pernah bertanya-tanya seperti ini “Apakah saya orang yang tidak berguna?” atau Apakah tidak ada yang mau menjadi teman saya?

Cobalah untuk berfikir positif bahwasannya jangan pernah membiarkan orang lain menghancurkan harga diri dan kepercayaan diri kalian sendiri, yakinlah permasalahan yang terjadi bukan pada diri kalian tetapi, pada diri mereka. Kalian adalah sosok yang telah juara ketika dahulu memperebutkan diri menjadi makhluk yang sekarang.

  1. Jangan pernah membuat diri merasa marah

Jika mereka terus-terusan selalu menindas diri kalian, tidak perlu untuk marah atau mengikuti mereka. Mereka hanya mengompor-ngompori kalian agar marah, jika kalian marah maka mereka akan senang. Tinggalkan saja mereka.

  1. Mengkoreksi mereka (pelaku bullying)

Jika para pelaku sudah mulai bertindak kasar kepada kalian, jika kalian bisa koreksi perilaku mereka didepan umum, kalian bisa membalas mereka dengan kebenaran dan ketenangan diri.

Baca juga : Jika hidup terlalu lelah untuk dijalani

  1. Cari lingkungan yang baik untuk diri

Dalam hal ini cobalah untuk mencari lingkungan yang baik agar diri kalian masih bisa dijaga, dan mempunyai sebuah support sistem yang bisa membantu diri kalian. Lingkungan ini bisa dicari berdasarkan minat yang sama ataupun kegiatan yang menyenangkan pada diri kalian.

  1. Mencari kegiatan yang bermanfaat

Jangan pernah merasa kosong dalam diri ini, selalu isi dengan kegiatan yang bermanfaat jika kalian muslim bisa mengisi diri dengan mendatangi kajian dan selalu mengisi dengan dzikir.

  1. Jangan hanya jadi pengamat

Jika diri ini sudah terbebas dari tindakan bullying, kemudian kalian melihat ada yang sedang dibulying jangan pernah diam saja, beri bantuan mereka yang sedang mempunyai situasi sama pada dhaulu, itu bisa membuat situasi dan akibat menjadi makin buruk.

Salah satu target atau kekuatan untuk bullying adalah ia merasa bahwa orang lain juga menjauhi target bullynya, kalian haru menutup siklus tersebut.

Menghadapi tindakan bullying khususnya di sekolah memang perlu karena kalian harus belajar bertahan di saat situasi sedang buruk. Selalu baca motivasi-motivasi atau kisah sukses bagaimana orang-orang sukses yang dahulu juga pernah merasa seperti ini

Namun perlu di ingat jika tindakan bullying sudah benar-benar kelewat batas, tidak bisa diatasi, dan lingkungan benar-benar tidak banyak membantu, pergilah dari sekolah tersebut adalah hal yang paling terbaik. Berada jauh dari pelaku tindakan bullying merupakan keputusan yang paling aman dan sehat.

Butuh curhat tentang ini silahkan email ke info.maulanahasanah@gmail.com , kami akan membantu menemani kalian semampu kami.

Ingat kalian tidak pernah sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *