Manfaat Kentut yang Tidak Kamu Ketahui

Kok bau, Siapa nih yang kentut? Satu pertanyaan bikin heboh satu ruangan. Setiap orang mulai saling mencurigai, saling tuduh sana-sini dan berusaha menyangkal sekuat hati. Bukan gue! Biasanya yang paling ribut sih bisa jadi tersangkanya. Haha.

Kentut adalah bentuk dari gas yang keluar dari dalam tubuh, saat menelan makanan kamu juga menelan udaranya.

Misalnya setelah minuman berkarbonasi, saat mengunyah dan saat bernapas. Mengeluarkan gas justru berdampak baik bagi kesehatan ketimbang ditahan. Meski agak memalukan, ternyata kentut memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Berikut di bawah ini manfaat kentut yang harus kamu ketahui.

Baca Juga : Solusi Ampuh Atasi Susah Buang Air Besar

  1. Pertanda bahwa makanan yang dikonsumsi sudah seimbang

Kentut juga menjadi penanda apakah makanan yang kamu konsumsi sudah seimbang atau belum. Jika tubuh jarang mengalami kentut, tandanya tubuh kekurangan makan-makanan berserat. Lain halnya jika terjadi kentut terus menerus dan menghasilkan bau yang sangat tidak sedap tandanya tubuh lebih sering mengonsumsi daging merah. Jadi kamu team sering kentut atau jarang kentut?

  1. Pertanda saluran pencernaan yang sehat

Bau yang dikeluarkan saat kentut ternyata menandakan bahwa saluran pencernaan bekerja dengan baik dan sehat. Akan tetapi jika kentut memiliki bau yang tidak sedap, hal ini menandakan adanya penyakit pada pencernaan, misalnya sembelit, penumpukan bakteri dan saluran pencernaan atau kanker kolorektal.

  1. Mengatasi perut kembung

Perut kembung terjadi karena adanya penumpukan gas di dalam perut. Sehingga kentut bertugas sebagai pembuangan gas agar dapat mengatasi perut yang kembung.

Baca Juga : Maag, penyebab gejala serta obat untuk mengatasinya dr. Zaidul Akbar

  1. Menjaga kesehatan usus besar

Kentut dapat membantu menjaga usus besar karena menahan gas dapat menghambat motilitas usus atau membatasi gerak usus. Pembuangan gas justru dapat membuat usus senang, sehingga pencernaan menjadi nyaman. Perut tidak akan mengalami rasa nyeri atau sembelit. Melakukan pembuangan gas dapat membuat pencernaan tubuh menjadi teratur.

  1. Mengurangi rasa sakit pada perut

Kamu pasti sadar dong, kalau kentut bikin perut jadi lega, justru kalau terus menahan kentut malah membuat perut jadi tidak nyaman dan sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *