Solusi Ampuh Atasi Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar? Hati-hati, terjadi gangguan pencernaan dapat menjadi indikasi munculnya penyakit lain.  Buang Air Besar (BAB) yang tidak teratur dapat membuat feses menjadi keras, perut begah, serta butuh waktu yang lama untuk menuntaskannya. Jika dalam kurun waktu satu minggu kamu hanya buang air besar dalam 1-2 kali, segera atasi susah buang air besar dengan cara alami dan sederhana untuk mengatasinya.

Penyebab susah buang air besar sangat beragam dan perlu kamu ketahui, antara lain:

  1. Kurangnya serat dalam tubuh
  2. Kurangnya olahraga
  3. Faktor kehamilan dan menyebabkan otot usus sulit berkontraksi
  4. Suka menunda-nunda buang air besar
  5. Faktor psikologis, seperti: cemas, stress, maupun depresi

Bagaimana solusi susah buang air besar?

Kembali lagi, tubuh manusia akan merespon apa yang dimakan dan lakukan. Gaya hidup dan pola makan dapat mempengaruhi kesehatan. Maka dari itu, susah buang air besar dapat diatasi dengan merubah dua hal tersebut.

  1. Perbanyak minum air putih

Kekurangan air putih dapat menimbulkan dehidrasi. Cairan yang kurang dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Mengonsumsi air putih yang banyak dapat membantu melancarkan buang air besar dan melunakkan feses.

Baca juga: Perut buncit hilang dalam 2 minggu

Minumlah air putih sebanyak 2- 4 gelas bahkan lebih. Terutama saat pagi hari supaya mempermudah buang air besar.

  1. Olahraga

Olahraga atau aktifitas fisik dapat membantu atasi susah BAB, tubuh dapat merangsang pergerakan usus dan meningkatkan aliran darah sehingga feses dapat keluar dengan mudah. Sebaiknya berikan jeda antara waktu makan dan olahraga agar perut tidak kembung.

  1. Makan makanan berserat tinggi

Susah BAB terjadi karena tubuh kurang serat. Makanan berserat terbagi menjadi serat larut dan tidak larut yang dapat membatu atasi sembelit. Serat larut dapat mudah dicerna di dalam tubuh, mengikat lemak yang bersal dari makann kemudian dibuang.

Sedangkan serat yang tidak larut akan tetap utuh sampai dikeluarkan dalam tubuh sehingga perut merasa kenyang dalam waktu yang lama. Cocok untuk kamu yang sedang diet. Makanan serat sendiri dapat mengikat air dan menjaga jumlah air dalam usus sehingga feses tetap lunak dan mudah dikeluarkan.

Perbanyak konsumsi makanan berserat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, roti gandum, sereal, dan kacang-kacangan. Salah satu buah yang terkenal dapat melancarkan BAB adalah pepaya.

  1. Hentikan penggunaan obat

Ada banyak efek samping dari penggunaan obat, salah satunya adalah gangguan pencernaan. Saat susah buang air besar, sebaiknya hentikan sementara penggunan obat untuk memastikan kembali apakah susah buang air besar disebabkan efek samping obat atau tidak.

Baca juga: Tips agar terhindar dari serangan jantung

Konsultasikan dengan dokter apabila obat yang digunakan justru menghambat pencernaan, sehingga bisa diganti obat lain atau mungkin bisa dilakukan pengurangan dosis.

Nah, jika beberapa cara di atas belum berhasil sebagai solusi susah buang air besar (BAB). Saat ini banyak obat pencahar (laktasif) yang bisa kamu gunakan. Namun kamu harus tetap perhatikan penggunaanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *