Obat Alami Atasi Nyeri dan Memperlancar Menstruasi

Menstruasi atau biasa disebut datang bulan juga sering kali mengalami kelaianan. Ada beragam jenis kelainan haid pada wanita. Seperti warna darah menstruasi, terkstur darah yang bervariasi hingga kisaran jeda waktu haid yang beragam.

Perhatikan jangka waktu menstruasi apabila tidak teratur, karena menstruasi yang tidak teratur pun memiliki tingkat perbedaan yang beragam mulai dari yang normal, waspada hingga membahayakan.

Siklus datang bulan yang normal bilamana terjadi setelah 21 hari hingga 35 hari. Selain itu, pendarahan normal terjadi 5-7 hari. Jika berbeda dari ketentuan normal, maka bisa dikatakan termasuk dalam menstruasi abnormal.

Menurut dr. Goel Madul, Konsultan Kandungan dari Rockland Hospital, New Delhi, dikutip dari laman Healthmeup, menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan oleh hal-hal seperti:

  • Berat badan yang turun drastis (anorexia)
  • Stress emosional
  • Periode perimenopause
  • Kontrasepsi hormonal
  • Aktivitas berlebihan
  • Kehamilan
  • Gangguan pada organ kandungan
  • Gangguan pada kelenjar tiroid
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Pil kontrasepsi
  • Jamur dan penyakit
  • Obesitas

Bagaimana cara mengatasi menstruasi yang tidak lancar atau teratur?

Ada beberapa cara yang harus anda lakukan, yakni dengan mengubah gaya hidup dengan konsumsi makanan sehat, mengganti alat kontrasepsi, jika hendak menurunkan berat badan maka lakukan dengan cara yang sehat (tidak diet ekstrim), terakhir konsultasi pada doktek terkait hormon untuk memicu ovulasi agar kembali normal.

Selain menggunakan cara di atas, anda juga bisa mengkonsumsi tanaman herbal yang dapat diolah untuk membantu melancarkan menstruasi. Berikut di bawah ini tanaman herbal yang umum dikonsumsi untuk menlancarkan menstruasi:

Baca juga: Tips agar terhindar dari serangan jantung

  1. Kunyit

Tanaman herbal kunyit terkenal dapat melancarkan haid, terbukti dengan banyaknya produk di pasaran baik dalam bentuk kemasan botol atau suplemen. Kunyit dipercaya memberikan efek hangat yang membantu mengatur hormon dan menstruasi sehingga mampu merangsang kelancaran haid.

dr. Zaidul Akbar juga menyebutkan bahwa ultimate kunyit, jeruk nipis dan sereh dapat melancarkan menstruasi. Anda bisa menyeduh sendiri bubuk kunyit dengan air hangat atau dengan segelas susu. Mudah bukan?

  1. Jahe

Selain kunyit, jahe dapat membantu melancarkan menstruasi agar menjadi teratur. Jahe mampu menghangatkan, aromanya dpaat merileksasi pikiran sehingga mampu mengurangi tingkat stress. Selain aromanya, minyak esensial jahe dapat digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah, cocok untuk anda yang sedang mengalami kram dan sakit otot.

  1. Kayu manis

Kayu manis memiliki kandungan hydroxychalcone bagus untuk memperlancar siklus menstruasi. Sama seperti jahe, kayu manis dapat memebrikan efek hangat dan dapat mengurangi rasa nyeri dan kram saat menstruasi. Caranya masukan setengah sendok bubuk kayu manis dalam teh atau susu.

  1. Asam Jawa

Baca juga: Perut buncit hilang dalam 2 minggu

Alternatif lain, asam jawa juga dapat memperlancar menstruasi dan tidak menyebabkan nyeri saat menstruasi. Caranya rendam asam Jawa ke dalam air hangat, campur dengan 1 sendook gula dan sedikit garam. Aduk dan tunggu selama 1 jam agar ramuan menyatu. minum setiap dua kali sehari seminggu sebelum menstruasi.

Siklus menstruasi yang tidak teratur dan rasa nyeri yang timbul saat datang bulan. Tentu membuat anda tidak nyaman. Daftar obat alami untuk melancarkan menstruasi di atas mungkin bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *