Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Vaksinasi

Efek samping pasca vaksinasi saat ini menjadi buah bibir masyarakat. Namun daripada itu sebaiknya kita berjaga-jaga, bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Ada sejumlah makanan yang baik dikonsumsi guna membangun imunitas dan antibodi tubuh. Sebab ketika tubuh sehat dan imunitas membaik maka kinerja vaksin menjadi lebih efektif. Kira-kira apa saja makanan yang baik dikonsumsi setelah vaksinasi?

Baca Juga : Tips Bagi Ibu Hamil saat Masa Pandemi

Berikut di bawah ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi setelah vaksinasi.

  1. Buah dan sayur

Untuk mencapai asupan yang seimbang, konsumsi buah dan sayur adalah pilihan yang tepat. Keduanya kaya akan nutrisi dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Sayuran hijau dan buah-buahan banyak mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab munculnya penyakit berbahaya.

  1. Air putih

Resep dari segala resep hidup sehat salah satunya mengonsumsi air putih. Usahakan untuk mengonsumsi dua liter air putih dalam sehari. Air putih dapat mengeluarkan zat-zat berbahaya dalam tubuh dan meningkatkan energi. Sehingga dapat membantu mengatasi kelelahan dan meminimalkan efek samping pasca vaksinasi.

  1. Susu

Tidak ada larangan untuk meminum susu pasca vaksinasi, susu justru dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengandung beragam nutrisi yang mampu menunjang kinerja organ tubuh dengan baik dan mencegah dari serangan penyakit.

  1. Sup

Beberapa orang mengalami efek samping mual pasca vaksinasi, oleh sebab itu konsumsi makan-makanan yang mudah dicerna salah satunya adalah sup ayam. Hindari makanan yang berat seperti gorengan, daging dan makanan dengan kadar gula tinggi.

Baca Juga : Cara Berjemur yang Tepat Di Bawah Sinar Matahari

  1. Kacang-kacangan

Selain sayur dan buah, kacang-kacangan juga menjadi makanan yang baik dikonsumsi setelah vaksinasi. Kacang merupakan sumber vitamin dan mineral yang mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan terhindar dari berbagai sumber penyakit. Salah satu kacang-kacangan yang enak untuk dikonsumsi adalah kacang hijau yang diolah menjadi bubur. Bahkan biasanya setelah kegiatan posyandu juga sering pulang diberi bubur kacang hijau oleh petugas, tapi kalau setelah vaksin bubur kacang hijaunya beli sendiri ya.

Sudah tahu kan apa saja makanan yang baik dikonsumsi setelah vaksinasi, penuhi kebutuhan gizi tubuhmu supaya terhindar dari penyakit dan mampu memaksimalkan kinerja vaksin. Keperluan cairan dan asupan terpenuhi peningkatan sistem kekebalan tubuh jadi lebih efektif lho, sekarang yang terpenting tetap jaga kesehatan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *